Iklan

TETAP BERPRESTASI DI SAAT PANDEMI

Enok Sri Nurhayati

Pandemi tak terasa sudah hampir dua tahun ini melanda dunia, termasuk bangsa Indonesia. Banyak bidang yang terpuruk dan menyesuaikan dengan keadaan ini, termasuk juga dunia pendidikan. Mendikbud mengatakan bahwa kondisi pandemi ini tidak memungkinkan untuk kegiatan belajar mengajar berjalan seperti biasanya (tatap muka). Karena takut penyebaran virus ini semakin banyak dan menimbulkan claster baru. Dan mengharuskan pembelajaran secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Karena pandemi ini juga banyak kegiatan yang dilakukan di rumah agar lebih aman. Banyak anak yang merasa jenuh dan boring. Tetapi tidak dengan anak yang suka tantangan. Meskipun di rumah saja mereka bisa beraktifitas dan bisa tetap unjuk gigi di depan publik tanpa batas. Tapi bagaimana caranya. Disinilah pemerintah tetap menampung bakat dan minat yang mereka miliki tetap tersalurkan, dengan mengadakan perlombaan dan pertandingan (kompetisi-kompetisi) secara daring atau on line. Sekolah sebagai perpanjangan tangan pemerintah, disini SMA Negeri 1 Jatilawang juga mengadakan perlombaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Zaenal Arifin (2012:3) dalam situsnya https://pengajar.co.id menyatakan bahwa prestasi adalah hasil dari kemampuan, ketrampilan, dan sikap seseorang dalam menyelesaikan berbagai hal. Adapun manfaat prestasi diri adalah 1). Sebagai cikal bakal masa depan; 2). Untuk mencapai cita-cita dan tujuan kita; 3). Untuk membuat orang tua bangga; 4). Sebagai motivasi diri dan orang tua; 5). Kita bisa menjadi positif jika ada peluang untuk dimanfaatkan; 6). Kita akan semakin kreatif, berani bekerja dan dapat membangun negara yang lebih progesif dan lebih cerdas lagi. Dan salah satu tujuan prestasi adalah untuk memposisikan siswa dalam situasi pengajaran yang disesuaikan dengan kemampuan, bakat, minat dan karakteristik mereka. Adapun macam-macam prestasi adalah :

  1. Prestasi Belajar

Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh dari upaya belajar. Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring PJJ, mereka tetap semangat belajar dan selalu termotivasi untuk menjadi yang terbaik. Disini banyak dibuktikan oleh siswa SMANJA yang diterima di perguruan tinggi negeri maupuan swasta sebanyak 171 siswa yang melaporkan ke guru BK dan Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Gambar 1. Siswa yang berprestasi pada Kompetisi Sains Nasional (KSN)

Prestasi Seni

Prestasi seni adalah hasil yang diperoleh dibidang seni. Sebagai perpanjangan tangan dari sekolah, organisasi OSIS, tahun ini juga mengadakan perlombaan di bidang seni secara on line. Misalnya antara lain :

Perlombaan memperingati HUT RI ke 75

Biasanya masyarakat memperingati HUT RI dengan mengadakan perlombaan dengan meriah. Tetapi tidak untuk tahun ini karena pandemi. Mereka cukup memperingati dari rumah saja. Karena semua perlombaan tidak boleh diadakan. SMANJA melalui OSIS tetap mengadakan perlombaan secara daring dengan tema “Semangat Muda-Mudi Di Masa Pandemi”.

Tabel a. Jadwal kegiatan

NO HARI MATA LOMBA WAKTU TEMPAT KEJUARAAN KELAS
1 Senin,

10 Agustus 2020

Coolatos 07.00-22.00 WIB. Rumah masing-masing JUARA 1 XI MIPA 6
JUARA 1 XII IPS 3
JUARA 1 XII MIPA 5
2 Selasa, 11 Agustus 2020 75 Puisi Bernada 07.00-22.00 WIB. Rumah masing-masing JUARA 1 XII MIPA 5
JUARA 2 XII MIPA 1
JUARA 3 XII MIPA 2
3 Rabu, 12 Agustus 2020 Macapat 07.00-22.00 WIB. Rumah masing-masing JUARA 1 XII IPS 1
JUARA 2 XII MIPA 5
JUARA 3 XI MIPA 5

Perlombaan memperingati hari Kartini

Banyumas yang memiliki beberapa tradisi yang masih terjaga sampai sekarang, seperti kebudayaan ebeg, begalan dan lain-lain. Dalam rangka melestarikan kebudayaan Banyumas, OSIS ARGATAMA SMAN 1 Jatilawang akan mengadakan pemilihan Kakang Mbekayu SMAN 1 Jatilawang. Di mana pemilihan Kakang Mbekayu banyumas juga diadakan di Kabupaten banyumas. Karena keadaan pandemi saat ini, kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dan luring. Kegiatan Pemilihan Kakang Mbekayu SMAN 1 Jatilawang bertemakan “Konsepsi Penguatan Bahasa, Budaya, dan Sastra Negeri”.

Tabel b. Waktu pelaksanaan lomba

No HARI WAKTU (WIB) KEGIATAN TEMPAT
1. Senin 13.00 – 13.30 Pembukaan Rumah masing-masing
13.45 – 14.45 Pembekalan materi Aula Graha Adiwiyata
2. Selasa 09.00 – 11.00 Penilaian talent competition Aula Graha Adiwiyata
0900 – 10.00 Test tertulis Rumah masing-masing
3. Rabu 13.00 – 14.15 Seleksi 5 besar Graha Lokawiyata
14.15 – 14.35 Seleksi 3 besar
14.35 – 15.00 Pengumuman & penobatan Kakang Mbekayu SMAN 1 Jatilawang
15.00 – selesai Penutup

Hasil Pemenang Lomba Kakang Mbekayu SMANJA 2020/2021 :

  1. Juara Umum Kakang : XI MIPA 6
  2. Juara Umum Mbekayu : XI MIPA 1
  3. Runner Up 1 Kakang : X MIPA 6
  4. Runner Up 1 Mbekayu : X MIPA 1
  5. Runner Up 2 Kakang : XI MIPA 3
  6. Runner Up 2 Mbekayu : X IPS 2
  7. Kategori Kakang Terfavorit : XI MIPA 6
  8. Kategori Mbekayu Terfavorit : X MIPA 1
  9. Kategori Penampilan Terbaik : X MIPA 6
  10. Perlombaan HARDIKNAS

Bulan Mei merupakan bulan pendidikan yang semestinya menjadi momentum penting oleh seluruh rakyat Indonesia apalagi bagi generasi penerus bangsa. Kegiatan pembelajaran bukan hanya semata-mata dilakukan dalam lingkungan sekolah, melainkan juga di luar lingkungan sekolah. Untuk itulah, OSIS SMA Negeri 1 Jatilawang mengadakan kegiatan “HARI PENDIDIKAN NASIONAL” secara daring. Kegiatan Hari Pendidikan Nasional bertemakan “Gema Aksara” yaitu singkatan dari Generasi Muda Aktif Berkarya.

Tabel c. Jenis lomba dan waktu pelaksanaan lomba

No HARI MATA LOMBA WAKTU TEMPAT KEJUARAAN KELAS
1 Senin,

3 Mei 2021

Monolog 17.00 WIB. Rumah masing-masing JUARA 1 XI MIPA 6
JUARA 1 X MIPA 6
JUARA 1 XI MIPA 2
Gitar Solo JUARA 1 XI MIPA 3
JUARA 2 XI MIPA 2
JUARA 3 XI MIPA 1
Cerita Pendek JUARA 1 XI MIPA 5
JUARA 2 XI MIPA 2
JUARA 3 XI MIPA 6
Komik Digital JUARA 1 XI MIPA 5
JUARA 2 XI MIPA 2
JUARA 3 XI MIPA 6

Perlombaan Class Meting

Salah satu bentuk kegiatan yang bisa menghilangkan ketegangan, kejenuhan dan kepenatan siswa dan siswi pasca melaksanakan Penilaian Akhir Tahun adalah kegiatan Class Meeting. Kegiatan ini dapat menyegarkan kembali stamina siswa dan siswi setelah menghadapi Penilaian Akhir Tahun bahkan dapat mempererat rasa kebersamaan. Dengan diadakannya kegiatan Class Meeting ini, siswa diharapkan dapat termotivasi untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Kegiatan Class Meeting bertemakan “Aksi Dimapa” yaitu singkatan dari Aktif Berprestasi di Masa Pandemi.

Tabel e. Jenis lomba dan waktu pelaksanaan lomba

No HARI WAKTU KEGIATAN TEMPAT Juara Kelas
1. Selasa,

15 Juni 2021

00.00 – 21.00 WIB Ceritaku Rumah

masing-masing

Juara 1 XI MIPA 3
Juara 2 XI MIPA 6
Juara 3 XI MIPA 1

Prestasi Olahraga

Prestasi olahraga adalah hasil yang diperoleh dari usaha dan kerja keras yang tersedia di bidang olahraga. Biasanya olahraga dilombakan secara langsung di depan penonton, tapi tidak untuk kali ini. Perlombaannya juga dilakukan secara on line, karena kalau dilaksanakan secara luring takut banyak penonton yang melanggar protokol kesehatan msekipun sudah diingatkan dari awal. Ini ditunjukkan oleh siswi SMANJA yang tetap menunjukkan prestasi mereka di bidang olahraga. Yaitu ananda Vanessa Aulia Imanda kelas XI MIPA 5, berhasil menjadi juara 1 lomba Karate Merpati Putih POPDA tingkat Kabupaten Banyumas.

Prestasi Kerja

Prestasi kerja adalah hasil yang diperoleh dari pekerjaan yang dilakukan. Pada saat mengisi Bimtek “ “ di SMANJA, beliau bapak Shibirin Slamet mengatakan seharusnya dimasa seperti bapak ibu itu banyak mengasilkan sesuatu (berkarya) karena banyak waktu yang longgar dengan adanya jadwal masuk kerja WFO WFH. Dari sinilah teman-teman banyak yang bangkit dari zona amannya yang anteng adem anyem, semangat untuk berkarya dalam memenuhi kekurangan nilai untuk kenaikan pangkat. Ini dibuktikan banyak teman yang sudah berhasil membuat artikel ilmiah yang sudah di muat dalam jurnal, puisi yang dibukukan juga, penelitian tindakan kelas (PTK).

Menurut Fatimah Mardiyah dalam situsnya https://tirti.id/kesehatan, menyatakan bahwa Protokol kesehatan adalah aturan dan ketentuan yang perlu diikuti oleh segala pihak agar dapat beraktifitas secara aman pada saat pandemi COVID-19 ini. Menurut dr. Fadli Rizal Makarim dalam sitiusnya https://www.halodoc.com/Mengenal protokol Kesehatan 5M untuk Cegah COVID-19 menyatakan di negara kita, protokol kesehatan ini dikenal dengan 5M yaitu :

Mencuci tangan

Rutin mencuci tangan hingga bersih adalah salah satu protokol kesehatan yang cukup efektif untuk mencegah penularan virus corona. Terutama saat : sebelum memasak atau makan, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah menutup hidung saat batuk atau bersin.

Memakai masker

Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengatakan bahwa penggunaan masker hanya direkomendasikan untuk orang sakit, buak orang sehat. Beberapa waktu selang kebijakan tersebut, mengeluarkan himbauan agar semua orang (baik yang sehat atau sakit) agar selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah. Kebijakan WHO ini juga sempat ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo.

Menjaga jarak

Protokol kesehatan ini dimuat dala keputusan maskerMenteri Kesehatan RI dalam “Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID 19”. Disini disebutkan, menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain. Bila tidak memungkinkan melakukan jaga jarak, maka dapat dilakukan berbagai rakayasa administrasi (dapat berupa pembatasan jumlah orang) danrekayasa teknis (dapat berupa pembatasan partisi, pengaturan jalur masuk dan keluar, dan seagainya).

Menjauhi kerumunan

Menurut Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes), masyarakat diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Ingat, semakin banyak dan sering kamu bertemu orang, maka kemungkinan terinfeksi virus semakin tinggi.

Mengurangi mobilitas

Semakin banyak dirimu menghabiskan waktu di luar rumah, maka semakin tinggi pula terpapar virus jahat ini. Oleh karena itu, bila tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah.

Setiap kali Brifing pagi dan setelah do’a bersama, beliau Kepala Sekolah SMANJA Agung Cahyono, M. Pd selalu mengingatkan untuk menjaga protokol kesehatan di manapun berada, apalagi kalau di tempat-tempat umum. Di SMA Negeri 1 Jatilawang pelaksanaan PPDB, pengumuman PPDB, dan MPLS dilaksanakan secara daring. Pembelajaran PJJ beberapa mata pelajaran, kegiatan Rohis, dan pelaksanaan LDK melalui radio SMANJA FM.

Dan ini sesuai dengan slogan SMA Negeri 1 Jatilawang pada tahun pelajaran 2021/2022 yaitu “Tetap Berprestasi Disaat Pandemi Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan”.

DAFTAR PUSTAKA

dr. Fadli Rizal Makarim. https://www.halodoc.com/Mengenal protokol Kesehatan 5M untuk Cegah COVID-19 . (diakses 08 Juli 2021)

Fatimah Mardiyah. https://tirti.id/kesehatan. Apakah yang dimaksud Protokol Kesehatan COVID-19? (diakses 7 September 2020)

OSIS SMANJA ARGATAMA, 2020. Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Perlombaan memperingati HUT RI ke 75.

OSIS SMANJA ARGATAMA, 2020. Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Perlombaan memperingati Hari Kartini.

OSIS SMANJA ARGATAMA, 2020. Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Perlombaan memperingati HARDIKNAS.

OSIS SMANJA ARGATAMA, 2020. Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Class Metting.

Zaenal Arifin (2012:3). https://pengajar.co.id. Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli – PENGAJAR.CO,ID. (diakses 27 Agustus 2021).

Biodata Penulis

Nama : Enok Sri Nurhayati

NIP : 197905042007012018

Pangkat/gol : penata muda tk 1/3b

Unit Kerja : SMA Negeri 1 Jatilawang

You cannot copy content of this page