Iklan

SINYAL KENDALA UTAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID – 19

F:\photo\IMG20200914134102.jpg

OLEH : SURANTO, S.Pd.

Virus corona atau covid -19 pertama kali muncul di Wuhan, salah satu kota di China. Simpang siur kabar soal sumber kemunculan virus ini, mulai dari makanan hingga hewan – hewan unggas. Hal ini karena belum adanya informasi yang jelas soal asal muaasal kemunculan virus tersebut. Akhirnya virus ini menyebar ke seluruh penjuru dunia, Indonesia termasuk yang terkena virus corona tersebut. Dampak ini mempengaruhui segala sendi kehidupan termasuk dunia pendidikan. Pandemi virus corona ( Covid-19) di Indonesia memaksa aktivitas belajar mengajar tatap muka di sekolah dihentikan. Tidak ingin penularan Covid-19 semakin merajalela, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk memindahkan ruang belajar ke dunia maya. Program tersebut bernama Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ).

Dalam kesempatan ini akan kita bahas pengertian tentang pembelajaran jarak jauh tersebut.,Suatu bentuk pembelajaran mandiri yang terorganisasi secara sistematis di mana konseling, penyajian materi pembelajaran, dan penyeliaan dan pemantauan keberhasilan belajar siswa dilakukan oleh sekelompok tenaga pengajar yang memiliki tanggung jawab yang saling berbeda. Pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh dengan menggunakan bantuan media. Kebalikan dari sistem pendidikan jarak jauh adalah pendidikan langsung atau tatap muka, suatu sistem pembelajaran yang terjadi karena adanya kontak langsung antara tenaga pengajar dan siswa (Dohmen, 1967). Suatu metode pembelajaran yang menggunakan korespondensi sebagai alat komunikasi antara tenaga pengajar dan siswa ditambah adanya interaksi antar siswa di dalam proses pembelajaran (Mac Kenzie, Christensen, & Rigby, 1968). Sistem pendidikan yang tidak mempersyaratkan adanya tenaga pengajar di tempat seseorang belajar namun memungkinkan adanya pertemuan-pertemuan antara tenaga pengajar dan siswa pada waktu-waktu tertentu (Law, 1971). Suatu metode untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dikelola berdasarkan pada penerapan konsep ‘ban berjalan’ (division of labor), prinsip-prinsip organisasi, dan pemanfaatan media secara ekstensif terutama dalam reproduksi bahan ajar sehingga memungkinkan terjadinya proses pembelajaran pada siswa dalam jumlah yang banyak pada saat yang bersamaan di manapun mereka mereka berada. Merupakan suatu bentuk industri dari belajar dan pengajaran (Peters, 1973). Suatu metode pembelajaran di mana proses penngajaran terjadi secara terpisah dari proses belajar sehingga komunikasi antara tenaga pengajar dan siswa harus difasilitasi dengan bahan cetak, media elektronik, dan media-media yang lain (Moore, 1973).

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring yang dilaksanakan pada Maret 2020, mengacu pada surat edaran Kemendikbud No. 40 tahun 2020, tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus corona, dampak virus covid 19 pada proses pembelajaran dilakukan dari rumah secara daring pada satuan pendidikan dengan menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media yang mendukung secara konsepsi memiliki tujuan yang baik. Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan guru lewat media online seperti Whatsapp, Google Meet, Google Form dan jenis lainnya. Permasalahan pembelajaran jarak jauh diantaranya adalah belum meratanya akses jaringan internet, gawai yang belum memadai, mahalnya biaya kuota, belum meratanya penguasaan iptek di kalangan pendidik atau guru, belum siapnya pelaksanaan proses belajar mengajar menggunakan metode pembelajaran jarak jauh, dan kesulitan orang tua dalam mendampingi anak-anaknya melakukan kegiatan belajar mengajar menjadi kendala yang ditemui selama proses pembelajaran jarak jauh .Permasalahan tersebut akan menjadi penghalang untuk mencapai tujuan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran daring tidak bisa lepas dari jaringan internet. Jaringan internet ialah  suatu gabungan sebuah jaringan dua atau lebih perangkat komputer yang ada di seluruh dunia dan bisa di bilang merupakan suatu rangkaian perangkat komputer yang terbesar di dunia, serta ukurannya akan terus mengalami suatu perkembangan hingga tanpa batas waktu yang di tentukan selama tekhnologi terus berkembang dan maju di dunia ini.Tidak sedikit pelajar yang kesulitan karena letak geografis rumahnya yang jauh dari jangkauan sinyal seluler. Hal ini yang membuat Aplikasi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring seperti Whats App Group, Google Classroom, Meeting, Zoom dan lain sebagainya membutuhkan jaringan internet yang kuat, kerena tanpa jaringan internet, proses pembelajaran tidak dapat terlaksana dengan baik.

Bagi daerah-daerah di pelosok yang jauh dari jangkauan sinyal internet menjadikan siswa tidak nyaman belajar di rumahnya, sehingga mereka akan mencari akses jaringan internet ketempat yang akses internetnya lancar sehingga kegiatan belajar mengajar dari rumah tidak bisa berjalan dengan efektif. Hal ini tentu sangat berbeda dengan orang-orang yang berada di daerah perkotaan. Hanya cukup berada di rumah, mereka bisa dengan mudah mengakses jaringan internet Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran daring tersebut tentu menjadi PR bagi pemerintah dan orang-orang yang terlibat dalam pendidikan

Agar permasalahan berkaiatan dengan hamabatan sinyal dalam proses pembelajaran jarak jauh terntegrasi maka pemerintah perlu memperluas, menyediakan jaringan internet yang tersebar di seluruh wilayah dan aplikasi –aplikasi yang digunakan harus semakin mudah serta implementatif bagi siswa dan guru Indonesia.

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) akan berhasil apabila dipenuhi beberapa faktor.

Diantaranya :

  1. Akses jaringan internet yang bagus
  2. Gawai yang memadai
  3. Kuota yang harganya terjangkau
  4. Guru menguasai IPTEK
  5. Orang tua yang semangat mendampingi anak – anaknya ketika belajar.

Pembelajaran jarak jauh ( PJJ ) dimasa pandemi Covid- 19 banyak tantangan dan hambatan terutama berkaitan dengan sinyal. Oleh karena itu, penulis mengajak kepada semua guru memahami kondisi lingkungan di mana siswa itu berada , semua siswa tetap semangat dan keterbatasan sinyal jangan dijadikan kendala utama dalam belajar, dan kepada semua orang tua diharapkan kerjasamanya untuk memfasilitasi dalam kegiatan pembelajarn jarakj jauh sehingga akan tercapai tujuan pembelajaran.

Pembelajaran menggunakan Google Classroom

Contoh kendala sinyal dalam pembelajaran Jarak Jauh ( daring )

Pembelajaran melalui WhatsApp

Pembelajaran melalui Google Meet

.BIODATA PENULIS

DAFTAR PUSTAKA

https://www.padamu.net/pengertian-pendidikan-jarak-jauh-menurut-ahli/18

September 2015 at 19:06

https://news.detik.com/berita/d-4956764/penyebab-asal-mula-dan-

pencegahan-virus-corona-di-indonesia/Sabtu, 28 Mar 2020 17:46 WIB

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-

penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

https://www.merdeka.com/dunia/cerita-lengkap-asal-mula-munculnya-virus-corona-di-

wuhan.html / Kamis, 6 Februari 2020 06:40

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-jaringan-internet-dan-tujuannya/

BIODATA

Nama : Suranto,S.Pd.

NIP ; 19740414 200701 1 017

Unit Kerja ; SMA Negeri 1 Wangon

 

You cannot copy content of this page