Iklan

PLOTAGON ALTERNATIF PEMBELAJARAN

DI MASA PANDEMI COVID 19

Oleh. Daniel Prasetyo, S.Pd

Seiring dengan merebaknya virus covid-19 kementerian pendidikan mengambil kebijakan untuk mengganti pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran secara online. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran covid 19. Pembelajaran secara online menuntut guru untuk mengeluarkan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar peserta didik tertarik untuk belajar walaupun mereka harus belajar secara mandiri di rumah dengan mengandalkan pembelajaran secara online. Pembelajaran yang menarik akan membuat peserta didik semangat didalam belajar. Hasil Akhirnya diharapkan peserta didik cepat menyerap materi yang disampaikan dan meningkatkan prestasi mereka dalam belajar.

Salah satu alternatif untuk membuat pembelajaran menarik adalah penggunaan aplikasi plotagon. Mengapa ? karena aplikasi plotagon adalah sebuah aplikasi pembuatan animasi yang sangat sederhana tanpa harus membuat gambar animasi terlebih dulu karena semua sudah disediakan oleh aplikasi. Kita hanya tinggal menyediakan cerita dan megisi suara, serta merubah karakter serta setting tempat yang sesuai. Dengan terus menggunakan aplikasi ini seseorang akan mahir dalam membuat animasi.

Fungsi animasi plotagon dalam pembelajaran

Penggunaan animasi dalam kegiatan pembelajaran memiliki beberapa fungsi antara lain :

  1. membuat pembelajaran lebih menarik

Ada komentar di kalangan peserta didik dalam percakapan di grup wa mata pelajaran yang saya ampu bahwa mereka merasa jenuh dan kurang tertarik belajar ketika hanya diberikan materi dalam bentuk PDF saja. Dan setelah itu diberikan tugas untuk dikerjakan. Pemberian materi dengan cara seperti itu tidak menarik minat peserta didik untuk belajar. Selingan animasi tentu akan membuat pembelajaran berlangsung berbeda dan lebih menarik karena animasi menampilkan gambar bergerak dengan model animasi yang kekinian.

  1. membuat penyampaian materi lebih jelas

Animasi memperjelas pesan yang disampaikan dalam materi pembelajaran. Karena animasi adalah gambar bergerak dengan suara serta gambar background yang sesuai akan menarik perhatian peserta didik maka otomatis itu akan memperjelas mereka dalam menangkap pesan yang disampaikan dalam materi pembelajaran. Hal ini juga akan menumbuhkan semangat di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran karena tertarik dengan materi yang disampaikan

Kelebihan penggunaan animasi plotagon

  1. Bisa dibuat hanya dengan menggunakan hand phone

Di zaman yang serba canggih ini handphone bisa digunakan untuk berbagai macam hal yang kita butuhkan termasuk didalamnya untuk membuat animasi,. Cara membuatnya juga tidak sulit. Nanti akan dijelaskan lebih lanjut cara pembuatannya dalam poin cara membuat video pembelajaran animasi protagon.

  1. Guru bisa membuat sendiri animasi yang diinginkan

Animasi plotagon mempermudah guru untuk menentukan sendiri cerita animasi, karakter serta background dari animasi yang dibuat. Ini akan membuat seorang guru akan bisa membuat animasi sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Selain itu guru juga bisa menyesuaikan lamanya durasi waktu animasi yang akan dibuat sehingga pembuatan animasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran.

Penggunaan animasi plotagon dalam pembelajaran

  1. Untuk apersepsi

Apersepsi dalam sebuah kegiatan pembelajaran adalah hal yang sangat penting karena bisa menjadi pintu masuk untuk guru menyampaikan materi dalam kegiatan pembelajaran. Itu sebabnya guru perlu mempersiapkan apersepsi yang baik dan menarik agar peserta didik semangat dalam mengikuti pembelajaran sampai selesai. Apersepsi yang baik memastikan peserta didik siap menerima pembelajaran dan animasi merupakan salah satu pilihan untuk membuat sebuah apersepsi yang menarik.

  1. Untuk selingan di tengah pembelajaran

Guru yang mengajar di jam terakhir ditambah lagi dengan adanya kegiatan-kegiatan di awal jam pelajaran yang menguras tenaga di kelas itu misal kegiatan olahraga seperti sepak bola atau voli, akan membuat peserta didik kelelahan. Hal ini pasti akan berpengaruh terhadap konsentrasi mereka didalam belajar. Secara jasmani mereka lelah, dan secara psikologis otak mereka juga lelah setelah mengikuti berbagai mata pelajaran yang telah disampaikan sebelumnya. Untuk itu dibutuhkan kreativitas guru untuk membuat kegiatan pembelajaran di jam terakhir itu tetap berlangsung dengan baik. Dan guru bisa menayangkan animasi yang menarik atau yang lucu agar membuat konsentrasi peserta didik kembali meningkat dan kembali semangat di dalam belajar. Salah satu alternatif solusi yang bisa dipergunakan guru untuk mengajar di jam-jam terakhir kegiatan pembelajaran dalam hari itu.

  1. Untuk menutup pembelajaran

Animasi bisa dipergunakan untuk menutup kegiatan pembelajaran atau bisa juga diisi dengan cerita yang mengajarkan karakter yang baik. Guru bisa mempersiapkan cerita yang menarik yang dibutuhkan sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan pada hari itu. Animasi ploagon memungkinkan guru untuk membuat animasi yang diinginkan sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan. Atau sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi di tengah masyarakat pada hari itu. Misalnya hari itu ada kejadian tawuran antar peserta didik SMA dan SMK di suatu kota, maka guru bisa membuat animasi yang berisai ajakan untuk hidup rukun dengan orang lain

Cara membuat video pembelajaran dengan Animasi plotagon

Untuk membuat animasi plotagon tidak sulit, hanya saja dibutuhkan ketelatenan dalam membuatnya serta kreatifitas dalam mengarang cerita yang diinginkan. Sebenarnya ide untuk membuat cerita bisa kita dapatkan dari kehidupan sehari hari di sekitar kita atau melalui cerita cerita yang pernah kita dengar atau baca..

Cara membuat animasi plotagon adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama : kita membuka aplikasi plotagon, di play store kita ketik “Plotagon Story” dan kemudian mulai meng instal nya.. Aplikasi plotagon membuatuhkan ruang memory yang cukup agar bisa bekerja dengan baik dan tidak terlalu lama loadingnya. Untuk itu file file besar seperti video di handphone bis akita pindahkan dulu ke falsdisk atau bis akita hapus bagi file yang sudah tidak lagi kita butuhkan

Tunggu prosesnya

Klik instal

BUKA

  1. Langkah kedua. Setelah aplikasi plotagon story di downloud, kita bisa langsung membuakanya. Kita klik create video. Setelah itu kita bisa memilih background animasi yang akan kita buat. Ada banyak pilihan disitu. Ada yang gratis tetapi ada juga yang berbayar. Untuk belajar kita bisa memilih yang gratis dulu atau bayar 7.000 sebulan
  2. Setelah itu kita bisa mulai untuk membuat animasi plotagon yang kita butuhkan. Untuk lebih jelasnya kita bisa melihat di youtube tentang tutorial cara membuat animasi menggunakan plotagon. Misal di https://youtu.be/Eu-zRIYhfrg

Contoh animasi plotagon bisa dilihat di youTube dengan alamat:

  1. https://youtu.be/hBTtF2cYgpY
  2. https://youtu.be/2P_uJplkBgc

Penutup.

Animasi plotagon merupakah salah satu alternatif untuk menyuguhkan pembelajaran yang menarik dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemic covid 19. Guru dituntut untuk kreatif dan aktif untuk belajar sesuatu yang baru agar nantinya bisa mengajar dengan baik dan menarik minat belajar peserta didik dalam pembelajaran. Animasi plotagon bisa digunakan sebagai apersepsi, selingan atau sebagai penutup pembelajaran .

Biodata

Nama : Daniel Prasetyo, S.Pd.

NIP : 197305092014061001

Pangkat/Golongan : Penata Muda/ 3 a

Nomor HP : 081 226 737 170

Unit Kerja : SMA Negeri 1 Wangon

Judul : PLOTAGON ALTERNATIF PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19

By admin

You cannot copy content of this page