Iklan

PENGGUNAAN RENDERFOREST DALAM PJJ

Sri Cahyawati Marfungah, S.Pd.

Pendahuluan

Proses pembelajaran akhir tahun 2019/2020 terkendala dengan merebaknya virus corona. Hal itu sangat dirasakan oleh seluruh masyarakat tak terkecuali dunia pendidikan khususnya siswa dan guru. Dampak adanya virus corona maka pembelajaran yang tadinya tatap muka berubah menjadi daring (online learning).

Pembelajaran daring (online learning) sekarang hampir dilaksanakan disemua jenjang pendidikan, baik pendidikan dasar, pendidikan menegah, pendidikan atas maupun pendidikan tinggi. Sesuai dengan keluarnya surat larangan pembelajaran tatap muka dan hal tersebut untuk memutus mata rantai virus corona.

Sesuai Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Nomor 421.3/1469/2020, terhitung mulai tanggal 17 – 31 Maret 2020 proses pembelajaran dilaksanakan dirumah tetapi sampai sekarang ternyata masih diberlakukan pembelajaran dirumah.

Selama pembelajaran daring (online learning) banyak sekali muncul kendala dari aktifitas, diantaranya yang penulis rasakan yaitu masih banyak peserta didik yang belum bisa mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran secara maksimal dikarenakan terbatasnya akses internet serta kurangnya penerimaan pemahaman materi oleh para peserta didik.

Hal tersebut yang membuat penulis selaku pendidik selalu mengharapkan dalam proses pembelajaran peserta didik dapat memahani konsep dan materi yang disampaikan, sehingga pendidik berusaha menyajikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Dengan belajar secara online sangat dibutuhkan cara-cara yang bikin peserta didik tidak merasa jenuh dengan hanya menerima materi yang sampaikan guru secara sederhana, tetapi akan lebih variatif bila di berikan ppt yang disertai vidio yang menarik

Dalam kesempatan ini, penulis sempat mengikuti workshop cara membuat media pembelajaran dengan menggunakan renderforest dengan harapan akan peserta didik tidak merasa jenuh dan mononton dengan materi yang diberikan oleh pendidik.

Renderforest

Pembuat video cerdas yang memungkinkan Anda membuat video berkualitas profesional tanpa bantuan TI sama sekali. Sebuah gambar mengatakan seribu kata, video adalah alat yang sangat ampuh untuk menyampaikan pesan, menyebarkan ide atau hanya untuk mengungkapkan perasaan Anda.

Perangkat lunak ini menawarkan layanan produksi video gratis secara online. apliksasi gratis memungkinkan Anda membuat presentasi kualitas profesional, intro, tayangan slide dan banyak lagi. Perangkat lunak ini sangat berguna dalam pembuatan produksi video explainer untuk pemula dan usaha kecil yang tidak mampu untuk memiliki tim TI.

Renderforest merupakan pembuat video kaya fitur yang menawarkan beberapa alat hebat yang dapat di gunakan. Berikut adalah daftar lengkap fitur:

Template

Sebagai pembuat video pemula, perhatian pertama harus membuat tata letak untuk video. Renderforest menawarkan solusi terbaik untuk itu. Perangkat lunak ini menyediakan beberapa template dalam berbagai kategori; seperti Logo Reveal, Flipping Slideshow, Promosi, Pendahuluan Perusahaan, Promosi Cerita, Promosi Aplikasi, Visualizer Musik, klip video animasi, dll.

Kesesuaian

Fitur lain yang sangat penting dan menarik perhatian adalah kompatibilitas. Video yang diberikan melalui perangkat lunak ini sepenuhnya kompatibel dengan desktop, laptop, tablet dan smartphone.

Mengedit Antar muka

Renderforest mungkin adalah perangkat lunak pembuat video termudah di luar sana. Antar muka pengeditan sangat mudah digunakan. Alat pengeditan memungkinkan untuk menambahkan musik atau suara-overs agar video terlihat lebih rapi.

Fasilitas Re-Editing

Perangkat lunak ini memungkinkan untuk mengedit ulang video yang telah dirender. Dengan cara ini bahkan jika membuat beberapa kesalahan pada saat pertama edit, nantinya dapat kembali dan memperbaikinya. Fitur ini sangat membantu bagi mereka yang membuat video untuk pertama kalinya.

Fitur ini juga sangat berguna jika ingin merombak presentasi video yang sudah dibuat dan menggunakannya untuk tujuan yang berbeda. Perangkat lunak ini memungkinkan untuk mengedit ulang video sebanyak yang di inginkan.

Video 3D

Renderforest menawarkan layanan pembuatan video 3D juga. Ada beberapa template 3D yang sangat baik yang dapat di gunakan untuk tujuan itu.

Tata Cara Membuat Renderforest :

Pembuatan vidio pembelajaran menggunakan Renderforest memiliki langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka google, ketik ‘Renderforest’, klik web https://www.renderforest.com/

  • Klik ‘Sign In’ di pojok kanan atas, pilih ‘Sign In’ menggunakan google, facebook

  • Klik ‘Create Vidio’ di pojok kiri atas

  • Pilih ‘Presentation’, klik ‘Educational

  • Pilih tamplate vidio, pilih berdasarkan terbaru (trending), terbaru (newest), peringkat (rating), acak (random).

  • Pilih salah satu templete, klik ‘Create Now’

  • Klik ‘Add Scene’, klik ‘Create’

  • Pilih vidio animasi yang berada di ‘Add Scene’, klik ‘Corporate Male Characters’, pilih salah satu vidio animasi, klik ‘Insert’

  • Tambahkan text, klik ‘Add Text’

  • Tambahkan slide vidio animasi, klik tanda ‘+’ di pojok kiri bawah, disebelah slide sebelumnya
  • Pilih animasi yang berada di ‘Add Scene’, klik ‘Corporate Female Characters’, pilih salah satu vidio animasi, klik ‘Insert’

  • Tambahkan text, klik ‘Add Text’

  • Tambahkan slide vidio animasi, klik tanda ‘+’ di pojok kiri bawah, disebelah slide sebelumnya
  • Edit warna latar belakang vidio animasi, klik ‘color’ lalu pilih warna yang diinginkan

  • Edit musik vidio animasi, klik ‘musik’, klik ‘music library’, pilih music yang diinginkan

  • Melihat hasil vidio animasi yang telah dibuat, klik ‘preview’, klik ‘free preview’

  • Vidio review animasi ‘pelaku ekonomi’

Demikian langkah-langkah pembelajaran vidio pembelajaran menggunakan renderforest.

Penutup

Pembuatan vidio pembelajaran dengan menggunakan renderforest menarik minat belajar karena menarik dan tidak membosankan.

Vidio pembelajaran ini diharapkan mampu mengatasi kebosanan belajar selama pandemi.

DAFTAR PUSTAKA

Artikel Sekilas Tentang Renderforest Pembuat Video Cerdas dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2017/05/sekilas-tentang-renderforest-pembuat-video-cerdas.html

Surat Edaran Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Nomor 421.3/1469/2020 tentang Kesiapsiagaan dan Tindakan Antipai Pencegaan Penyebaran Infeksi Covid-19 di Lingkungan Dinas Pendidikan.

Umi Tira Lestari. 2020. Pembuatan Renderforest.Workshop IGI Kabupaten Takalar.

Biodata Penulis

Nama : Sri Cahyawati Marfungah, S.Pd.

NIP : 19720815 200701 2 006

Pangkat/Gol : Penata Tk. I/III/d

Jabatan : Guru Muda

Unit Kerja : SMP Negeri 2 Patikraja

You cannot copy content of this page