Iklan

PEMANFAATAN  MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 2 ALASMALANG TAHUN 2021 / 2022

Endri Wijiati, S.Pd.

foto endri sd2 alasmalang

ABSTRAK

Permasalahan dalam best practice inovasi pembelajaran daring ini adalah cara memanfaatkan media Video Pembelajaran Interaktif sebagai alternatif  pembelajaran daring untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas VI SDN 2 Alasmalang. Kenyataan yang ada bahwa saat ini literasi khususnya membaca siswa masih rendah saat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, media Video Pembelajaran Interaktif ini dipilih sebagai alternatif  pembelajaran daring. Strategi penyelesaian masalah yang digunakan dalam inovasi pembelajaran daring ini adalah kegiatan pembelajaran dari rumah dengan media Video Pembelajaran Interaktif. Adapun  materi pokok yang dipelajari melalui media Video Pembelajaran Interaktif yaitu Operasi Hitung Bilangan Bulat. Penulis memilih menggunaka media Video Pembelajaran Interaktif ini karena ada beberapa siswa kelas VI yang merasa kesulitan membuka video pembelajaran dari youtube, karena kendala minim paketan pulsa dan merasa tidak puas. Dengan demikian, inilah media yang tepat dan efektif untuk pembelajaran daring dari rumah sehubungan adanya pandemi Covid-19.Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan bahwa pembelajaran daring dengan media Video Pembelajaran Interaktif bagi siswa kelas VI SDN 2 Alasmalang memberikan manfaat yang luar biasa.Para siswa mengalami kemajuan dalam belajar. Hal ini terlihat pada hasil tugas-tugas yang dikirim lewat WA, hasilnya hampir sama dengan pembelajaran secara tatap muka. Bahkan siswa belajar dari rumah ternyata dapat mengikuti petunjuk atau langkah-langkah yang sudah dijelaskan oleh guru melalui media tersebut.


Kata kunci: media Video Pembelajaran Interaktif; pembelajaran daring ;   Operasi Bilangan Bulat

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Kegiatan proses pembelajaran pada Tahun Pelajaran 2021/2022 saat ini terkendala oleh merebaknya virus corona yang melanda Indonesia pada awal bulan Maret 2020. Hal ini dirasakan oleh para siswa di seluruh Indonesia. Begitu mengerikan dampak virus corona ini sehingga satu-satunya alternatif pencegahannya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) pada satuan pendidikan. Selanjutnya Surat Edaran Bupati Banyumas Nomor  440/1391 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Covid-19 di Area Pendidikan yang mengharuskan kegiatan pembelajaran siswa dari rumah. Hal ini baru terjadi dalam sejarah dunia pendidikan di Indonesia. Dampak yang luar biasa dalam bidang pendidikan yang harus segera diatasi. Kita mengetahui bahwa pendidikan bagi para generasi milenial ini sangat menentukan  tercapainya masyarakat yang adil dan makmur menuju Indonesia Emas tahun 2045.

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Nomor 421.3/1469/2020 tentang Kesiapsiagaan dan Tindakan Antisipasi Pencegahan Penyebaran infeksi Covid-19  di lingkungan Dinas Pendidikan  ayat (1) terhitung  mulai tanggal 17 Maret 2020 proses belajar mengajar dialihkan secara mandiri di rumah masing-masing siswa.Waktu yang cukup lama untuk pembelajaran di rumah. Kenyataannya, pandemi Covid-19  makin meningkat sehingga Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas  memperpanjang lagi pembelajaran di rumah  sampai sekarang. Dengan demikian, waktu belajar yang seharusnya untuk menyelesaikan program pembelajaran di sekolah hanya sekadar rencana. Manusia boleh merencanakan, tetapi Tuhan berkehendak lain.

Berdasarkan kenyataan yang penulis paparkan tersebut, perlu diambil langkah-langkah pembelajaran yang tepat dan strategis.  Begitu juga dalam pembelajaran Matematika bagi para siswa kelas VI SDN 2 Alasmalang. Adanya pembelajaran Matematika diharapkan mampu menunjang pembelajaran yang lain.

Masalah yang penulis hadapi di kelas VI SDN 2 Alasmalang adalah rendahnya kemampuan literasi para siswa.Hal ini terlihat dari belum tumbuhnya kegemaran membaca di kalangan siswa kalau tidak diberi tugas untuk membaca.Apalagi saat ini para siswa harus belajar di rumah akibat pandemi Covid 19.

Oleh karena itu, penulis melakukan inovasi pembelajaran secara daring dari rumah siswa masing-masing untuk menyelesaikan program semester I tahun pelajaran 2020/2022. Alternatif yang dipilih dalam pembelajaran daring yaitu menggunakan media Video Pembelajaran Inetraktif dengan memanfaatkan android yang dimiliki siswa. Prediksi penulis bahwa dengan pembelajaran daring melalui media Video Pembelajaran Interaktif akan meningkatkan kemampuan berhitung Operasi Bilangan Bulat bagi siswa. Selain itu, siswa diharapkan akan tertarik dengan pembelajaran daring model Video Pembelajaran Interaktif yang didalamnya dapat diisi dengan tanya jawab yang dapat menumbuhkan motivasi dan melatih sikap berpikir kritis para siswa.

Kesulitan yang dihadapi siswa pada awal pembelajaran daring atau jarak jauh dapat dimaklumi karena memang media yang baru dikenal. Akan tetapi guru harus telaten dan sabar dalam mengajar.

Penerapan Video Pembelajaran Interaktif dalam pembelajaran Matematika diharapkan dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yaitu mampu menumbuhkan siswa untuk belajar mandiri setiap waktu di rumah. Penulis menerapkan pembelajaran daring dengan Video Pembelajaran Interaktif pada siswa kelas VI SDN 2 Alasmalang yang diampu dengan jumlah siswa 21 anak.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang sudah diuraikan tersebut, penulis dapat merumuskan permasalahan dalam inovasi pembelajaran ini. Permasalahan dalam best practices inovasi pembelajaran adalah

  1. Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring menggunakan video pembelajaran Interaktif dalam mata pelajaran matematika bagi siswa kelas VI SDN 2 Alasmalang tahun 2021/2022?
  2. Bagaimanakah efektifitas pembelajaran daring menggunakan video pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran Matematika bagi siswa kelas VI SDN 2 Alasmalang?

Tujuan 

Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penulisan best practice ini adalah:

  1. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran daring matematika dengan menggunakan media video pembelajaran interaktif.
  2. Mendeskripsikan manfaaat media video pembelajaran interaktif sebagai alternatif pembelajaran daring matematika pada masa darurat Covid-19.

Manfaat

Manfaat penulisan best practice ini sebagai berikut:

1. Manfaat teoretis, best practice ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran secara daring  dengan memanfaatkan media video pembelajaran interaktif yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dari rumah masing-masing.

2. Manfaat praktis, best practice ini sebagai bahan yang berguna untuk menerapkan strategi yang tepat dalam pembelajaran daring dengan situasi darurat yang mengharuskan siswa belajar dari rumah.

Alternatif Kegiatan yang Dilakukan

Kegiatan pembelajaran matematika secara daring ini penulis terapkan di kelas VI SDN 2 Alasmalang . Pembelajaran dari rumah akibat pandemi Covid-19 dimulai tanggal 17 Maret 2020 sesuai dengan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Nomor 421.3/1469/2020 tentang Kesiapsiagaan dan Tindakan Antisipasi Pencegahan Penyebaran infeksi Covid-19  di lingkungan Dinas Pendidikan  ayat (1) terhitung  mulai tanggal 17 Maret 2020 proses belajar mengajar dialihkan secara mandiri di rumah masing-masing siswa.Adapun materi pokok yang dipelajari melalui media video pembelajaran interaktif yaitu Operasi hitung Bilangan Bulat pada awal semester 1.

KAJIAN PUSTAKA

A. Media Video Pembelajaran Interaktif

      Video Pembelajaran Interaktif adalah salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru. Video interaktif adalah metode penceritaan berbasis audio visual yang akan mengajak penonton sebagai pengguna , pemilik, dan partisipan aktif terhadap media yang dikemas secara sinematik (Cikita Putri,2019).

Video interaktif merupakan salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru dalm masa pandemic seperti sekarang ini. Masa pandemic membuat kegiatan pembelajaran di sekolah harus dilakukan secara jarak jauh. Akan tetapi, lingkungan belajar di rumah yang berbeda sama sekali dengan lingkungan sekolah seringkali membuat siswa merasa bosan dan tidak semangat dalam menerima pelajaran dari guru.Belum lagi dengan tugas – tugas yang menuntut deadline. Dalam masa pembelajaran daring ini , guru dituntut untuk tetap kreatif dan menyampaikan materi kepada siswa. Dengan begitu, tujuan pembelajaran akan tetap tersampaikan tanpa membuat siswa terbebani. Hal ini tentunya menjadi tantangan baru bagi para guru dan juga siswa.

Pemberian materi dan tugas secara online seringkali menjadikan siswa kewalahan dalam pengerjaannya. Ini merupakan tugas para guru untuk dapat menjadikan kegiatan pembelajaran tetap aktif dan menyenangkan. Salah satunya yaitu dengan pembuatan video pembelajaran interaktif.

Materi yang dikemas dalam sebuah video akan memudahkan siswa lebih paham terkait pesan yang akan disampaikan. Siswa juga akan lebih tertarik dengan desain yang dibuat, sehingga materi akan lebih diingat oleh siswa. Penggunaan video interaktif ini juga dinilai lebih efektif dalam keberhasilan belajar siswa. Penggunaan video pembelajaran ini bersifat fleksibel, dalam artian siswa dapat menontonnya kapan saja dan dimana saja, jika dirasa belum paham dengan materinya siswa bisa menonton kembali.

Pembelajaran Daring

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI V) daring merupakan akronim dari dalam jaringan yang artinya terhubung melalui jejaring komputer,internet, dan sebagainya. Akronimnya adalah luring (luar jaringan). Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh atau dalam jaringan akibat situasi yang tidak memungkinkan pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Seluruh siswa sejak 17 Maret 2020 melaksanakan pembelajaran daring karena pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia sampai saat ini. Siswa melakukan pembelajaran dari rumah dengan bimbingan orang tua dan pantauan guru (jarak jauh).

Pengertian Matematika dan Bilangan Bulat

Secara umum, pengertian Matematika adalah disiplin ilmu yang berdiri sendiri dalam mempelajari hal yang kesemuanya berkaitan dengan penalaran. Matematika merupakan salah satu pengetahuan tertua dan dianggap sebagai induk atau alat dan bahasa dasar banyak ilmu.

Matematika merupakan salah satu ilmu yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, baik secara umum maupun secara khusus. Secara umum matematika digunakan dalam transaksi perdagangan, pertukangan, dan lain-lain. Selain sifatnya yang fleksibel dan dinamis, matematika juga selalu dapat mengimbangi perkembangan zaman. Terutama di masa sekarang ketika segala sesuatu dapat dilakukan dengan computer. Matematika menjadi salah satu bahasa program yang efektif dan efisien.

Bilangan bulat merupakan suatu bilangan tak pecahan yang terdiri dari bilangan bulat positif , nol, dan bilangan bulat negative. Operasi sederhana dalam bilangan bulat meliputi operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Secara umum , himpunan bilangan bulat dituliskan sebagai (… , -4 , -3 , -2 , -1 , 0 , 1 ,2 ,3, 4, …).

Matematika adalah salah satu pelajaran yang akan selalu digunakan dimanapun kita berada. Matematika erat kaitannya dengan angka atau bilangan. Ada banyak jenis bilangan yang diketahui oleh masyarakat seperti bilangan cacah, bilangan negative dan bilangan bulat. Bilangan bulat disimbolkan dengan huruf Z yang berasal dari kata Zahlen (bahasa Jerman) yang berarti bilangan. Bilangan bulat juga berfungsi sebagai tipe data dalam bahasa pemrograman computer.

Pembelajaran Matematika sangat penting karena akan selalu digunakan dimanapun kita berada. Namun, pembelajaran tersebut saat ini terkendala dengan situasi dan kondisi yang mengakibatkan para siswa harus belajar di ruma karenaCovid-19. Oleh karena itu, penulis ingin melakukan inovasi pembelajaran yang dapat dilaksanakan dari rumah dan siswa tetap dapat belajar dan berkomunikasi dengan guru melalui  pembelajaran secara daring (dalam jaringan).

Alternatif Pemecahan Masalah/ Inovasi

Startegi Pemecahan Masalah yang Dipilih

Strategi penyelesaian masalah yang digunakan dalam inovasi pembelajaran daring ini adalah kegiatan pembelajaran di rumah dengan media Video Pembelajaran Interaktif. Penulis memilih menggunakan media ini karena ada beberapa siswa kelas VI yang merasa tidak puas dengan video pembelajaran dari youtube dan terkendala sinyal ,selain itu kebanyakan durasi waktunya lama sehingga membuat paketan internet cepat habis. Ada walimurid yang memberi masukan terhadap guru sebagai penulis, agar dibuatkan video pembelajaran yang langsung dari guru seperti mengajar di kelas, dengan bahasa guru yang mudah dipahami oleh siswa. Hal itu membuat penulis tambah bersemangat lagi dalam berkreasi dalam mengajar secara daring.Sehingga penulis membuat video pembelajaran sederhana yang membuat siswa tambah semangat dan tertarik dalam mengikuti pelajaran. Dengan demikian, media inilah yang dipilih dan dirasa tepat dan efektif untuk pembelajaran daring dari rumah sehubungan  pandemi Covid-19.

Penjelasan Tahapan Operasional Pelaksanaan

Media Video Pembelajaran Interaktif

Media Video Pembelajaran Interaktif adalah suatu sistem penyampaian pengajaran yang menyajikan materi video rekaman kepada penonton yaitu siswa yang tidak hanya mendengar dan melihat video dan suara, tetapi juga memberikan respon yang aktif .

Pelaksanaan Pembelajaran Daring Matematika dengan media video Pembelajaran Interaktif

Penulis sebagai guru memanfaatkan penggunaan teknologi Video Pembelajaran Interaktif dalam pengelolaan pembelajaran secara daring. Pertama-tama guru membuat kelas dalam WhatsApp group untuk memudahkan dalam berkomunikasi dengan siswa satu kelas. Selanjutnya, guru memberi petunjuk melalui media grup WhatsApp (wa) kelas mengenai pembelajaran yang akan guru sampaikan yaitu melalui video pembelajaran. Siswa diminta untuk melihat video pembelajaran yang guru buat, para siswa dapat belajar mandiri dengan media ini, apabila ada siswa yang masih bingung atau belum paham maka boleh bertanya lagi dalam sesi tanya jawab di grup WA kelas, dengan demikian guru bisa mengetahui ada berapa siswa yang masih belum paham tentang materi pelajaran hari itu. Akan tetapi, sebagian besar setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut rata-rata sudah banyak yang paham dan dapat menyelesaikan tugas atau latihan soal dengan jawaban yang betul.Karena jawaban langsung dikirim ke guru hari itu juga setelah menyelesaikan materi, ada juga siswa yang mengirim jawaban esok hari karena ada beberapa alasan, dan guru pun maklum.

Pada saat mengerjakan tugas-tugas, siswa dapat melihat kembali video pembelajaran tadi tanpa harus kehilangan paketan internet lagi karena tidak membuka link youtube. Dengan demikian, siswa akan semakin paham dan memiliki sikap positif dan karakter bertanggung jawab dalam belajar .

Penilaian dan Tindak Lanjut

Penilaian dengan media Video Pembelajaran Interaktif ini sama dengan penilaian pembelajaran tatap muka yaitu ada penilaian penugasan / penilaian harian sesuai dengan kompetensi dasar yang sudah dipelajari. Tindak lanjut pun dilaksanakan dengan memberikan remedial bagi siswa yang belum tuntas dan pengayaan bagi siswa yang sama atau lebih dari KKM.

STRATEGI PEMECAHAN MASALAH

Alasan Pemilihan Strategi Pemecahan Masalah

Penulis memilih menggunaka media Video Pembelajaran Interaktif karena ada beberapa kendala dalam belajar daring diantaranya sinyal yang susah, tidak bisa membuka video dari youtube,sehingga ada walimurid yang memberi masukan kepada penulis selaku guru kelasnya agar dibuatkan video pembelajaran yang langsung dari guru, seperti belajar di kelas dengan bahasa guru yang mudah dipahami oleh siswa.

Akhirnya penulis memutuskan untuk membuat sebuah video pembelajaran sesuai permintaan walimurid. Guru membuat video pembelajaran sederhana tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat yang dirasa masih membingungkan jika hanya membaca materi yang berbentuk tulisan saja. Video itu dibuat dengan bahasa guru yang lebih mudah dipahami siswa, dengan asumsi bahwa sesulit apapun materi matematika, diharapkan semua siswa bisa menerima materi itu dan dengan mudah mengerjakan tugas-tugas yang disampaikan oleh guru dengan benar, bahkan orangtua yang mendampingi belajar anakpun dapat memahami materi itu. Dengan demikian menurut penulis, inilah media yang tepat dan efektif untuk pembelajaran daring dari rumah sehubungan adanya pandemi Covid-19. Selain itu, dengan media Video Pembelajaran Interaktif diharapkan para siswa lebih semangat dalam mengikuti pelajaran dan memperoleh hasil belajar yang lebih baik secara mandiri di rumah masing-masing.

Media ini juga sebagai sarana yang tepat karena situasi pembelajaran saat ini yang tidak mungkin diselenggarakan secara tatap muka di kelas. Media Video Pembelajaran Interaktif sebagai wadah yang memuat secara lengkap informasi yang dibutuhkan oleh siswa dalam pembelajaran yaitu materi dengan langkah-langkah pembelajaran yang dibuat guru,apabila masih ada siswa yang masih bingung dengan materi di video bisa tanya jawab dengan guru lewat group WA kelas / langsung ke nomer pribadi Guru.

Tahapan Operasional Pelaksanaan

Pembelajaran daring atau dalam jaringan merupakan pembelajaran jarak jauh antara guru dengan siswa. Guru bekerja (mengajar) dari rumah atau sekolah dan siswa belajar dari rumah masing-masing. Bekerja dan belajar dari rumah menjadi tuntutan yang harus dilakukan saat ini, sejak adanya pandemi Covid-19. Karena tuntutan inilah, banyak guru dan orangtua yang diharuskan untuk mulai beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar jarak jauh yaitu menggunakan teknologi. Menjembatani hal ini, penulis sebagai guru menggunakan aplikasi Video Pembelajaran Interaktif untuk kegiatan pembelajaran daring dari rumah.

Langkah-langkah atau strategi yang dilakukan guru dalam pembelajaran Matematika( Operasi hitung Bilangan Bulat) secara daring sebagai berikut.

1. Pengenalan Video Pembelajaran Interaktif

Guru menjelaskan tentang Video Pembelajaran Interaktif kepada siswa melalui whatsApp grup kelas . Guru juga menjelaskan bahwa pentingnya media ini digunakan pada saat situasi sekarang karena tidak memungkinkan adanya proses pembelajaran secara tatap muka di kelas. Kemudian guru meminta siswa untuk melihat video pembelajaran tersebut,dan bertanya di WAG apakah ada kesulitan dalam menyaksikan video tersebut? Sebagian besar siswa bisa membuka dan mengikuti video tersebut dengan baik. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar dalam menggunakan video tersebut, guru mengadakan Tanya jawab di WAG tentang materi yang ada di video, dalam sesi Tanya jawab itu banyak siswa yang antusias dengan menjawab pertanyaan/ soal dari guru, sehingga bisa diketahui ada berapa siswa yang sudah paham dan yang belum paham dengan materi tersebut. Ternyata media ini membuat siswa dan orang tua yang mendampingi belajar di rumah merasa puas dan bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Untuk mengetahui lebih lanjut tingkat keberhasilan siswa terhadap materi itu, guru memberikan latihan soal sejumlah 10 untuk dikerjakan dan mengirim jawabannya ke guru setelah selesai mengerjakan, atau hari besok bagi siswa yang berhalangan.

2. Pelaksanaan Pembelajaran Daring dengan Video Pembelajaran Interaktif

Tahap pelaksanaan proses pembelajaran Matematika secara daring melalui video pembelajaran ini diawali dengan kegiatan siswa yaitu berdoa dari rumah masing – masing sebelum belajar, kemudian guru memberi video pembelajaran di grup WA kelas mengenai materi Operasi Bilangan Bulat, siswa diminta untuk menyaksikan video tersebut, setelah selesai kemudian ada sesi tanya jawab antara guru dan siswa untuk mengetahui apakah ada siswa yang mau bertanya apa tidak.Apabila ada siswa yang belum paham boleh bertanya pada guru dan guru menjelaskan kembali materi khusus untuk anak tersebut. Setelah selesai sesi Tanya jawab kemudian guru memberi soal latihan sejumlah 10 untuk dikerjakan siswa , dan mengirim jawaban ke guru setelah selesai mengerjakan atau hari besoknya lagi, dan guru memberi umpan balik penilaian sehingga siswa mengetahui nilainya. Hal ini untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi itu.

Agar lebih jelasnya, penulis menyusun tabel tentang jadwal pembelajaran daring

Matematika sebagai berikut.

No Uraian Kegiatan Waku

Pelaksanaan

Ket.
1. Pemberian materi penjumlahan bilangan bulat

dan mengerjakan latihan 3, koreksi dan umpan balik

3 – 4 Agustus 2021
2. Materi pengurangan bilangan bulat dan mengerjakan soal latihan 4, koreksi dan umpan balik 9 – 10 Agustus 2021
3. Materi perkalian dan pembagian bilangan bulat dan mengerjakan soal latihan 5, koreksi dan umpan balik 16 – 18 Agustus 2021
4. Penilaian di lembar kerja siswa 23 – 24 Agustus 2021

Tabel l Jadwal Pembelajaran Daring

Penilaian dan Tindak Lanjut

Pelaksanaan penilaian dilakukan 4 kali yaitu Penilaian pertama pada materi penjumlahan bilangan bulat, penilaian kedua pada materi pengurangan bilangan bulat, penilaian ketiga pada materi perkalian dan pembagian bilangan bulat, dan penilaian terakhir yang keempat di lembar kerja siswa setelah menyelesaikan semua materi tentang bilangan bulat. Sesuai dengan jadwal pembelajaran pada tabel 1, penulis baru dapat menyajikan hasil penilaian dalam tabel berikut.

No. penilaian Jumlah siswa tuntas Jumlah siswa belum tuntas Persentase ketuntasan Ket.
1. Ke 1 16 5 76,1% KKM (65)
2. Ke 2 16 5 76,1%
3 Ke 3 19 2 90,5 %
4 Ke 4 19 2 90,5 %
Jumlah 70 14 Rata= 83,3%

Tabel 2 ( hasil penilaian harian )

Berdasarkan hasil penilaian harian pada tabel 2 di atas, dapat dianalisis kenaikan ketuntasan sebesar 14,4%. Siswa yang belum tuntas dalam penilaian pembelajaran diberikan program remedial dengan mengerjakan lagi soal-soal yang dijawab salah. Dengan demikian, siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) yaitu 65.

Tindak lanjut yang dilakukan pada pembelajaran daring matematika operasi bilangan bulat ini adalah diterapkan media video pembelajaran interaktif untuk  pembelajaran tahun berikutnya, meskipun dilakukan secara tatap muka. Media ini praktis untuk dipelajari lagi bagi siswa yang lupa dengan penjelasan guru ketika di kelas,sehingga siswa tersebut dapat menyelesaikan tugas – tugasnya di rumah dengan melihat video pembelajaran tersebut. Siswa juga diberi kesempatan untuk menyampaikan refleksi pembelajaran daring  ini agar mengetahui kendala-kendala yang dihadapinya.

Hasil yang Dicapai

Pembelajaran matematika secara daring akibat adanya virus corona yang menjadikan para siswa belajar dari rumah , menunjukkan hasil yang memuaskan. Hasil yang dicapai dapat dipaparkan sebagai berikut:

1. Siswa sebenarnya memiliki kemampuan belajar matematika yang baik khususnya mataeri Operasi hitung bilangan bulat. Hal ini terlihat pada hasil tugas-tugas yang dikirim kepada guru dan penilaian harian di LKS, hasilnya tidak kalah dengan pembelajaran secara tatap muka. Rata-rata nilai harian secara daring ternyata memiliki rata-rata yang baik seperti penilian harian yang dilaksanakan secara tatap muka. Siswa belajar dari rumah ternyata dapat mengikuti petunjuk  yang sudah dijelaskan oleh guru melalui media tersebut. Meskipun ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan, hal itu wajar karena kemampuan individu yang berbeda.

2. Para siswa memperoleh banyak pengalaman yang berharga dengan mengenal media Video Pembelajaran Interaktif. Mereka mempunyai kemampuan untuk belajar mandiri di rumah hanya dengan melihat video saja. Selain itu, siswa juga merasa senang dan puas pada saat guru memberikan nilai secara langsung ketika siswa selesai mengerjakan tugas. Siswa tidak ada beban dalam belajar, merasa santai dan menikmati pembelajaran. Ungkapan para siswa ini diperoleh setelah guru mengadakan refleksi melalui WAG.

3. Bagi guru, pembelajaran daring matematika ini dengan media Video Pembelajaran Interaktif merupakan pengalaman yang sangat berharga karena pertama kali menerapkan kepada siswa. Hal ini sangat menggembirakan yang sebelumnya guru merasa khawatir akan ketidakcapaian program pembelajaran yang sudah dirancang pada semester awal. Pada kenyataannya hampir tercapai program yang sudah dirancang karena, penulis sebagai guru sudah merasakan manfaatnya dengan menyelesaikan materi yang sesuai dengan jadwal pembelajaran daring.

Kendala-kendala yang Dihadapi

Pembelajaran secara daring menggunakan media Video Pembelajaran Interaktif yang sudah diterapkan mulai  awal Agustus 2021 ini tentu mengalami kendala yang menghambat penerapan proses pembelajaran jarak jauh. Adapun kendala-kendala yang dihadapi adalah:

  1. Pada saat penulis akan menyampaikan pembelajaran daring melalui android siswa, ada beberapa siswa yang spontan merasa khawatir tidak dapat mengikuti pembelajaran ini. Hal ini tidak dapat disalahkan karena kemampuan dan motivasi siswa berbeda-beda. Selanjutnya, penulis memberikan penjelasan dan langkah-langkah pembelajaran melaluimedia WhatsApp grup kelas terlebih dulu.Setelah dikonfirmasi, ternyata ada beberapa siswa yang HP nya digunakan bersama dengan orang tua/ kakak/ adik, sehingga waktu belajarpun tertunda dan sebagian lagi kuota paket pulsa sudah habis sehingga tidak bisa melihat video pembelajaran dari guru.
  2. Kendala siswa berikutnya adalah pada saat penugasan maupun penilaian belum dapat dilaksanakan serentak atau 100% karena siswa tidak setiap saat memegang HP sendiri. Alasan lainnya yaitu jaringan internet yang sulit untk beberapa siswa yang tinggal jauh di pegunungan atau rumah-rumah yang jaringannya memang sulit.
  3. Orang tua pun mengeluh dengan borosnya biaya pulsa untuk paket kuota yang digunakan untuk pembelajaran daring ini.

Faktor-faktor Pendukung 

Faktor-faktor pendukung pembelajaran daring dengan media Video Pembelajaran Interaktif adalah:

1.Kebijakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ; Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) pada satuan pendidikan. Selanjutnya Surat Edaran Bupati Banyumas Nomor  440/1391 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Covid-19 dan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Nomor 421.3/1469/2020 tentang Kesiapsiagaan dan Tindakan Antisipasi Pencegahan Penyebaran infeksi Covid-19  di lingkungan Dinas Pendidikan  ayat (1) terhitung  mulai tanggal 17 2020 sampai sekarang proses belajar mengajar dialihkan secara mandiri di rumah masing-masing siswa.

2. Orang tua siswa yang sudah memfasilitasi putra-putrinya dalam kepemilikan telepon android sehingga dapat digunakan  pembelajaran daring dengan media Video Pembelajaran Interaktif.

3. Dukungan kepala sekolah yangg selalu memberikan kesempatan dan motivasi untuk terus maju mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat menjadi guru profesional.

Solusi/Alternatif Pengembangan  

Inovasi pembelajaran daring matematika Operasi hitung bilangan bulat menggunakan Video Pembelajaran Interaktif ini dapat dikembangkan dengan beberapa cara:

1.Siswa perlu memiliki banyak waktu untuk memanfaatkan sarana teknologi secara positif. Dengan demikian, penggunaan android akan semakin bermakna ketika siswa menguasai berbagai aplikasi yang ada, bahkan tidak menutup kemungkinan siswa menciptakan suatu inovasi tertentu dengan aplikasi yang ada.

2.Orang tua wajib mengawasi putra-putrinya dalam belajar dari rumah dan mampu membimbing sehingga diperoleh sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa yang lebih baik.

PENUTUP

Simpulan dan Saran

Pembelajaran daring dengan media Video Pembelajaran Interaktif bagi para siswa kelas 6 di SDN 2 Alasmalang memberikan manfaat yang luar biasa. Siswa dan orangtua sangat antusias dan tertarik dengan penggunaan Video Pembelajaran Interaktif, siswa dapat lebih mudah untuk belajar memahami materi dan berlatih mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru secara daring di rumah.

Para siswa mengalami kemajuan belajar. Hal ini terlihat pada hasil tugas-tugas yang dikirim ke guru dan penilaian harian, hasilnya hampir sama dengan pembelajaran secara tatap muka. Rata-rata nilai harian secara daring di kelas 6 memiliki rata-rata yang lebih baik dibandingkan penilian harian yang sudah dilaksanakan secara tatap muka. Siswa belajar dari rumah ternyata dapat mengikuti petunjuk yang sudah dijelaskan oleh guru melalui media tersebut.

    Bagi guru, pembelajaran daring Matematika dengan media Video Pembelajaran Interaktif merupakan pengalaman yang sangat berharga karena pertama kali menerapkan kepada siswa. Hal ini sangat menggembirakan yang sebelumnya guru merasa khawatir akan ketidakcapaian pembelajaran yang sudah dirancang di awal tahun pelajaran.

Para guru diharapkan kreatif dan inovatif dalam pembelajaran daring selama siswa dianjurkan untuk belajar di rumah, demi tercapainya pendidikan yang lebih baik.

DAFTAR PUSTAKA

https://mathirfanely.wordpress.com

http://www.rumusmatematikadasar.com

https://www.gurupendidikan.co.id

https://rumuspintar.com

https://www.pijar.info>blog>media-pembelajaran-interaktif

Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Nomor 421.3/1469/2020 tentang Kesiapsiagaan dan Tindakan Antisipasi Pencegahan Penyebaran Infeksi Covid-19  di lingkungan Dinas Pendidikan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/17/12230057/google-luncurkan-situs-

mengajar-dari-rumah-dalam-bahasa-indonesia.

Kusriyati Ani, 2021. Pemanfaatan Video Pada Pembelajaran Matematika. Majalah Ilmiah dan Pendidikan INFO education. Vol.101 MEI 2021.

BIODATA PENULIS

Nama : Endri Wijiati, S.Pd.

NIP : 19840430 201406 2 005

Pangkat/Gol : Penata Muda Tk 1/ III b

Unit Kerja : SD N 2 Alasmalang Kec.Kemranjen, Banyumas

By admin

You cannot copy content of this page