Iklan

MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN BOOK CREATOR

Oleh : Nur Azizah, S.Pd.

PENDAHULUAN

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan beberapa perubahan dalam tatanan kehidupan, salah satunya dibidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi terganggu, pembelajaran yang awalnya dilalukan secara tatap muka untuk sementara tidak bisa dilakukan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu adanya perubahan desain model pada kegiatan belajar mengajar untuk menghindari pembelajaran dengan tatap muka sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran wabah virus covid-19.

Kemendikbud mengeluarkan surat edaran No 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) yang salah satu isinya adalah belajar dari rumah dengan kegiatan pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Selama pandemi berlangsung, kini pembelajaran daring telah dilakukan hampir di penjuru dunia. Maka selama pandemi Covid-19 berlangsung, setiap sekolah melaksanakan kegiatan pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh. Sebagai pendidik, kita dituntut untuk menyampaikan pembelajaran secara menarik, kreatif dan inovatif. Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan adalah Book Creator.

BOOK CREATOR

Book Creator adalah ‘tool’ sederhana untuk membuat sebuah buku atraktif. Mengapa dikatakan atraktif karena biasanya sebuah buku hanya menampilkan tulisan dan gambar, namun dengan tool ini kita tidak hanya bisa menampilkan gambar dan tulisan tetapi juga dapat menyisipkan audio ataupun video. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang mudah untuk dijalankan.

Cara Menggunakan Book Creator

Langkah-langkah mengoperasikan atau menggunakan Book Creator adalah sebagai berikut:

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Book Creator (bookcreator.com), disarankan menggunakan Google Chrome.

  • Kemudian klik ‘Create a free account’ yang ada di pojok kanan atas. Pilih ‘Teacher sign in’. Jika kita sudah mempunyai email di Google, maka kita klik ‘Sign in with Google’, dan pilih email di google yang akan kita gunakan.

  • Selanjutnya kita lengkapi akun kita dengan beberapa informasi tentang kelas dan mata pelajaran yang kita ampu.

  • Setelah berhasil, maka akan muncul tampilan awal dari akun Book Creator kita. Untuk membuat buku baru, klik ‘New Book’.

Jika kita ingin membuat buku kita dari awal, maka pilih ‘Blank Books’. Namun jika kita ingin lebih praktis, kita bisa menggunakan template yang sudah disediakan di Book Creator.

Didalam Book Creator ada beberapa menu. Di bagian pojok kanan atas terdapat tanda . Jika kita klik tanda ‘+’ maka akan muncul pilihan menu ‘Media’ dan ‘Shape’. Menu ‘Media’ terdiri dari : Import (digunakan untuk mengunggah gambar, peta, atau file), Camera (untuk mengambil gambar / video secara langsung), Pen (untuk memilih bentuk tulisan), Text (untuk menginput kata atau teks yang ingin kita masukan) dan Record (untuk merekam suara). Menu ‘Shape’ menyediakan berbagai bentuk yang menarik untuk kita gunakan dalam menulis buku.

  • Selanjutnya jika kita klik tanda ‘i’, maka akan muncul pilihan warna dan beberapa menu: Comics , Paper, Borders, Patterns, Textures. Menu tersebut menampilkan beragam contoh yang bisa kita gunakan untuk menjadi halaman buku kita.

  • Setelah mengenal menu yang ada di Book Creator, kita bisa memulai membuat buku kita. Dimulai dari membuat Cover / sampul, yang berisi: Judul Buku, Mata Pelajaran, Kelas, dan nama Penulis. Halaman berikutnya kita tampilkan Daftar Isi, Materi Pelajaran dan diakhiri dengan evaluasi. Untuk melihat hasilnya, kita bisa klik tombol yang ada dikanan atas. Secara otomastis, buku kita tersimpan di ‘Library Book Creator’ milik kita.
  • Jika sudah selesai, kita tinggal membagikan link kepada siswa dengan cara klik menu ‘Sharing options’ dibagian bawah tengah, lalu klik ‘ Published online’ kemudian klik ‘Copy public share link to clipboard’. Kirimkan link tersebut kepada siswa kita. Mereka bisa membuka nya melalui HP / Laptop / Komputer.

PENUTUP

Berdasarkan uraian diatas maka bisa ditarik kesimpulan bahwa: penggunaan media pembelajaran menggunakan Book Creator dapat menjadi salah satu alternatif media dalam proses belajar mengajar jarak jauh. Diharapkan dengan penggunaan media pembelajaran ini dapat menambah minat atau motivasi belajar peserta didik, dan pada akhirnya prestasi belajar peserta didik dapat meningkat. Contoh buku yang pernah dibuat penulis, bisa dilihat di https://read.bookcreator.com/Vi1dYT0Ly1aiwJEtUhtBL23xZSO2/hB8Kir_5SAGiYZO2Pxw_vg

Terima kasih dan selamat mencoba.

DAFTAR PUSTAKA

https://blogsusanto.com/2021/01/25/pjj-makin-menarik-dengan-aplikasi-book-creator/ di akses pada Senin, 3 Mei 2021 pukul 11:04

https://chrome.google.com/webstore/detail/book-creator/nfdnaglmddhbmkfooolebhhigkhnipeg?hl=id diakses pada hari Selasa, 4 Mei 2021 pukul 10:12

http://smkistektegal.sch.id/v2/berita/detail/pembuatan-media-ajar-dengan-book-creator diakses pada hari Selasa, 4 Mei 2021 pukul 11:23

BIODATA

Nama : Nur Azizah, S.Pd.

NIP : 19820211 200604 2 004

Pangkat/Gol : Pembina / IV a

Unit Kerja : SMP Negeri 2 Patikraja

No. HP : 08157631554

Email : hanamarza@gmail.com

You cannot copy content of this page