Iklan

Hambatan Pembelajaran Matematika Daring

Di Masa Pandemi

Oleh:

Sudiro, S.Pd.

Pemahaman siswa tentang pembelajaran matematika daring di masa pandemi

darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19), pemerintah mencanang belajar dari rumah melalui pembelajaran daring (dalam jaringan) atau belajar jarak jauh (PJJ). Pembelajaran secara daring ini dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Tentunya tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan.

Pembelajaran secara online dari rumah benar-benar sangat dirasakan berat bagi guru atau dosen, para siswa dan mahasiswa, bahkan orang tua. Semua masyarakat dipaksa untuk bertransformasi dan beradaptasi pada kondisi pandemik ini. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk setidaknya mengurangi dampak di bidang pendidikan, yakni melalui strategi pembelajaran jarak jauh.

Guru harus berani melangkah sebagai agen perubahan (agent of change) untuk menjadikan pembelajaran daring sebagai kesempatan mentransformasi pendidikan kita. Melihat kondisi saat ini yang tidak memungkinkan proses kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Guru dituntut untuk senantiasa berperan aktif serta eksis, dan berkreativitas yang tinggi dengan menciptakan hal-hal yang baru dalam dunia pendidikan sesuai dengan zaman yang selalu berkembang. Keahlian dan kepribadian yang dimiliki guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan berperan sekaligus menjadi batu loncatan bagi peserta didik untuk meraih keberhasilannya di masa yang akan datang. Oleh karena itu, gagasan inovasi pendidikan oleh seorang pendidik sangatlah diperlukan dan sangat bermanfaat. Dengan berbagai dukungan elemen terkait supaya tidak terjadi ketertinggalan zaman pada sector pendidikan. Diharapkan akan berimbas pada elemen-elemen kehidupan yang lainnya seperti politik , ekonomi, social dan lain-lain.

pada sektor pendidikan. Diharapkan akan berimbas pada pada elemen-elemen kehidupan yang lainnya seperti politik, ekonomi, sosial dan lain-lain.

Matematika sebagai salah satu bidang studi yang diajarkan di lembaga pendidikan formal. Merupakan salah satu bagian penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Pelajaran matematika sendiri adalah pelajaran yang berhubungan dengan banyak konsep. Konsep adalah ide abstrak yang kita dapat mengelompokkan objek-objek ke dalam contoh atau bukan contoh. Konsep-konsep dalam matematika memiliki keterkaitan satu dengan yang lain. Saling keterkaitannya antar konsep materi satu dan yang lainnya merupakan bukti akan pentingnya pemahaman konsep matematika.

C:\Users\Pak Sudiro\Documents\WhatsApp Image 2021-02-10 at 16.51.55.jpeg C:\Users\Pak Sudiro\Documents\WhatsApp Image 2021-02-10 at 17.36.15.jpeg

Gbr. Siswa sedang mengikuti PJJ Daring Matermatika

Dari banyak konsep di atas, siswa belum bisa memahami suatu materi jika belum memahami materi sebelumnya atau materi prasyarat dari materi yang akan pelajari. Sebagian besar siswa kita sudah men-judge bahwa matematika itu sulit dan rumit. Pemikiran awal mereka yang men-judge matematika sulit seperti itu jelas akan memengaruhi terhadap penguasaan materi matematika. Karena sebelumnya sudah ada rasa takut terlebih lagi identik guru matematika yang terkenal dengan pesona guru galak dan tidak bisa memahami pelajaran matematika. Akhirnya mereka menjadi malas belajar matematika. Adanya situasi seperti sekarang dengan merebaknya Covid-19, belajar harus dilaksanakan dengan daring. Hal yang perlu diperhatikan oleh guru adalah cara membuat pembelajaran yang menarik bagi siswa. Untuk itu guru dituntut untuk melakukan inovasi dalam melaksanakan pembelajaran. Inovasi pembelajaran yang perlu dilakuakn di masa pandemic, dengan media kombinasi seperti Video pembelajran, power point, quiz, word dan sebagainya.

Pengertian Pembelajaran Kombinasi adalah multimedia yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi dapat disampaikan dengan lebih menarik. Multimedia berasal dari kata multi dan media. Multi yang berasal dari bahasa Latin yaitu nouns, yang berarti banyak atau bermacam-macam. Sedangkan kata media berasal dari bahasa Latin yaitu medium, yang memiliki arti perantara atau sesuatu yang dipakai untuk menghantarkan, menyampaikan, atau membawa sesuatu.

Sedangkan Pengertian Pembelajaran Matematika SMA

Pembelajaran adalah seperangkat peristiwa yang dirancang untuk menghasilkan belajar (Gagne, Briggs, & Warge, 1992). Pembelajaran juga dapat didefinisikan sebagai kegiatan memilih, menetapkan dan mengembangkan metode untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan (Hamzah R. Uno, 2010: 83). Berdasarkan pendapat beberapa ahli

tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah peristiwa memilih,

menetapkan, dan mengembangkan metode untuk mencapai tujuan hendak

dicapai.

Pembelajaran memiliki tujuan diantaranya: (1) agar siswa dapat mengatur waktu dan memusatkan perhatian pada tujuan yang ingin diapai; (2) guru dapat mengatur kegiatan instruksional, metode, strategi untuk mencapai tujuan tersebut; dan (3) guru sebagai evaluator yang dapat menyusun tes sesuai dengan apa yang harus dicapai olehanak didik (NanaSyaodih Sukmadinata.

Dalam Permendikbud nomor 59 tahun 2014 terdapat beberapa karakteristik matematika dalam proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah sebagai berikut:

  1. Objek yang dipelajari abstrak, yaitu sebagian besar yang dipelajari dalam matematika adalah angka atau bilangan yang secara nyata tidak ada atau merupakan hasil pemikiran otak manusia.
  2. Kebenaranya berdasarkan logika, yaitu kebenaran dalam matematika adalah kebenaran secara logika bukan empiris. Kebenaran matematika tidak dapat dibuktikan melalui eksperimen seperti dalam ilmu fisika atau biologi.
  3. Pembelajarannya secara bertingkat dan kontinu, yaitu penyajian materi matematika disesuaikan dengan tingkatan pendidikan dan dilakukan secara terus-menerus.
  4. Ada keterkaitan antara materi yang satu dengan yang lainnya, yaitu materi yang akan dipelajari harus memenuhi atau menguasai materi sebelumnya.
  5. Menggunakan bahasa simbol, yaitu penyampaian materi menggunakan simbol-simbol yang telah disepakati dan dipahami secara umum.
  6. Diaplikasikan dibidang ilmu lain, maksudnya materi matematika banyak digunakan atau diaplikasikan dalam bidang ilmu lain.

Tujuan dari inovasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik meng enai konsep matematika. Menumbuhkan rasa senang dalam belajar matematika, di masa pandemic ini. Membuat siswa belajar nyaman dan tidak ada rasa takut dalam belajar. Sehingga kepercayaan diri siswa meningkat. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta penguasaan materi matematika di masa pandemic. Yang berdampak pada peningkatan penguasaan pelajaran lain yang membutuhkan konsep matematika. Ke depannya akan sangat bermanfaat untuk kehidupan masa depan para siswa itu sendiri

Permasalahan pembelajaran daring di masa pandemik,ada beberapa factor yang di hadapi nilai matematika yang sangat rendah , semangat belajar yang kurang , sinyal yang kurang lanacar letak geografis yang jauh dari jangkauan internet

sangat menarik untuk dicermati bagaimana upaya untuk melaksanakan proses pembelajaran di masa pandemic dengan metode yang tepat sehingga dapat mengaktifakan siswa sepenuhnya dalam belajar, oleh sebab itu penulis mencoba dengan suatu strategi model pembelajaran kombinasi untuk mengatasi hambatan pembelajaran matematika daring di masa pandemic dengan media kombinasi. Media kominasi ini diantaranya vidieo pembelajaran , power point, quiz, dan word.

Dalam proses goole form penulis membuat angket sederhana siswa akan memilih model pemahaman pembelajaran di masa pandemic. Hasil angket dari 183 siswa kelas XII dan X. Siswa yang menyatakan atau memilih pembelajaran melalui video 130 siswa (71,04 %,) untuk media power point 25 siswa (13,66 %) , quis 11 siswa (6,01 % ) dan word 17 siswa (9,29 % ).

Berdasarkan angket yang disebarkan kepada sejumlah siawa , sebagian besar menyatakan bahwa permbelajran melalui media yang bergerak atau video pembelajaran mudah dipahami dan menyenangkan.sedangkaan media power point, quiz dan word. adalah media pembelajaran yang dirasa siswa cukup sulit . Sehingga materi yang tersampaikan tidak maksimal, Penulis menyimpulkan bahwa hasil angket yang disebarkan ke siswa sebagian besar siswa memilih video pembelajaran dan materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik.

Adapun kelebihan Media Video Pembelajaran

  1. Mampu menggambarkan peristiwa-peristiwa masa lalu secara realistis
    dalam waktu yang singkat
  2. Mengatasi jarak dan waktu
  3. Dapat membawa siswa berpetualang dari negara satu ke negara lainnya, dan dari masa yang satu ke masa yang lain
  4. Dapat diulang-ulang bila perlu untuk menambah kejelasan
  5. Pesan yang disampaikannya cepat dan mudah diingat.
  6. Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa
  7. Mengembangkan imajinasi
  8. Memperjelas hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan yang lebih realistic
  9. Mampu berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
  10. Mampu berperan sebagai storyteller yang dapat memancing kreativitas peserta didik dalam mengekspresikan gagasannya.

Sedangkan Kelebihan penggunaan media powerpoint dalam pembelajaran

Saat ini, berbagai program aplikasi telah tersedia untuk mendukung pembuatan bahan ajar atau pembuatan media yang berbasis multimedia terutama bahan ajar atau media multimedia interaktif salah satunya adalah media presentasi berupa Microsoft office power point. Sebenarnya, hampir semua jenis media pada dasarnya dibuat untuk disajikan atau dipresentasikan kepada sasaran. Yang membedakan antara media presentasi dengan media pada umumnya adalah bahwa pada media presentasi pesan/materi yang akan disampaikan dikemas dalam sebuah program komputer dan disajikan melalui perangkat alat saji (proyektor). Pesan/ materi yang dikemas bisa  berupa teks, gambar, animasi dan video yang dikombinasi dalam satu kesatuan yang utuh.
Pada dasarnya media presentasi yang menggunakan program komputer ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari media transparansi yang disajikan melalui OHP. Berbeda dengan transparansi OHP tidak bisa menampilkan unsur audio visual, maka media presentasi dengan program komputer ini, kita bisa menampilkan unsur audio-visual dalam pembelajaran. Berkat  keefektifannya dalam menyajikan pesan, maka  saat ini media presentasi banyak diaplikasikan untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran.  Tentu saja ini bukan berarti bahwa media presentasi merupakan media yang paling cocok untuk semua materi dan topik pembelajaran.

Dengan demikian solusi pembelajaran dengan media kombinasi, berdasarkan pembahasan diatas penulis menyampaikan bahwa pembelajaran melaui media video dan power point biasa diberikan oleh siswa dengan baik. Untuk selanjutnya penulis akan berusaha untuk semakin memperbaharui tingkat kesulitan pembelajaran melalui video dan power point. Dengan demikian pembelajaran melalui video dan power point diharapkan dapat mencapai hasil atau prestasi yang maksimal bagi siswa.Disisi lain pembelajaran yang disampaikan melalui quiz dan word yang dirasa sulit oleh siswa, akan menjadi bahan evaluasi bagi penulis dalam menyampaikan materi pembelajaran.Penulis mengajak bersama mencerdaskan anak didik kita, melaui video dan power point yang dibuat sendiri yang sesuai dengan kondisi dan karakter siswa yang sesuai

Demikian artikel ini saya tulis, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua dan pemaparan yang jauh dari sempurna.

Daftar pustaka

  1. Arianty, Dini. (2020). Belajar dari Covid-19 dalam Pengalaman Baik Mengajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Matematika (e-book). Jakarta: Kemdikbud.
  2. Bilfaqih, Yusuf dan Qomaruddin, M. Nur. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish
  3. https://www.kompasiana.com/sabil_28/5a772b77f1334401916f76a2/multimedia-kombinasi-serba-ada-yang-banyak-gunanya?page=all#:~:text=Multimedia%20merupakan%20kombinasi%2

Biodata Penulis

Nama : Sudiro, S.Pd.

NIP : 19660604 200604 1 010

Pangkat/ gol : Penata Tk.I/ III.d

Email : sudirodora02@gmail.com

Unit kerja : SMA Negeri 1 Wangon

No HP : 081391579979

Judul : HAMBATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARING DI MASA PANDEMI

C:\Users\Pak Sudiro\Documents\FOTO PANDEMI.jpg

By admin

You cannot copy content of this page