Iklan

DIBALIK PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI ANAK DIDIK DI ERA PANDEMIK COVID-19

E:\AA Edi Saru\PINDAHAN\Hp\IMG-20190531-WA0005.jpg

Edi Susanto, S.Pd.

Pandemik Covid-19 membuat anak didik di seluruh wilayah Indonesia mengalami kendala dalam proses belajar dan berlatih. Situasi seperti ini memungkinkan para anak didik belajar dengan system pembelajaran jarak jauh atau sering kita sebut pjj. Banyak kendala dari adanya proses pembelajaran jarak jauh ini. Missal komitmen terhadap orang tua yang tidak menentu, membutuhkan control diri yang tinggi dari segala macam gangguan baik internal maupun eksternal, jaringan dan fasilitas yang tidak memadai. Kendala tersebut tentunya membuat anak didik menjadi tidak focus dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh secara online. Selain itu ada juga dampak yang dihadapi anak didik selama pjj yaitu kesehatan mental yang menurun, perasaan cemas dan kawatir terhadap tugas dan pemberian materi yang banyak, serta kurangnya menangkap pelajaran yag diberikan guru.

Dalam peraturan menteri Nomor 24 tahun 2012, bahwa yang dimaksud Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajaranya menggunakan berbagai sumber belajar melalaui teknologi informasi dan komunikasi, dan media lain. Pjj pada hakekatnya merupakan proses pembelajaran yang mengajarkan anak didik belajar secara mandiri melalui berbagai media komunikasi dalam sekala luas serta berjarak jauh dari pengajarnya. Sehingga pjj tidak memerlukan bangunan ruang kelas untuk pembelajaran tatap muka. Akan tetapi pengajar harus menyediakan materi pembelajaran dalam bentuk media cetak dan non cetak seperti : audio ( program radio, kast, cd ) dan visual ( program televise, VCD, maupun siaran interaktif ) serta media komunikasi dan informasi berbasis computer seperti internet.

Gambar 1: Guru sedang memanfaatkan Lab Komputer sekolah untuk melaksanakan PJJ online

  Pada pjj ini anak didik diharapkan mampu untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri dengan memanfaatkan berbagai media tersebut.  Selain itu Pengajar juga  menyediakan  layanan bantuan belajar seperti tutorial dengan memungkinkan dilakukan sendiri oleh anak didik,  diantaranya adalah kegiatan praktikum, praktek lapangan, atau kegiatan praktek lainnya yang dipersyaratkan oleh mata pelajaran tertentu. Agar peserta didik dan pengajar dapat tersinkronisasi secara baik maka perlu adanya interaksi dan komunikasi di antara keduanya yang bisa dilakukan melalui multimedia. Karena anak didik dan pengajar tidak bertatap muka secara langsung, maka dari itu sebagai proses pembelajaran dapat dilakukan melalui belajar mandiri dan tutorial.

Pjj  digunakan bukan hanya untuk menyampaikan materi saja dari pengajar ke anak didik, akan tetapi anak didik juga dituntut agar dapat mengembangkan informasi yang telah didapatnya tersebut menjadi sesuatu yang baru yang dapat dimanfaatkan oleh orang banyak. Dalam sistem pjj anak didik dituntut mandiri untuk selalu berusaha mengembangkan informasi yang telah diberikan oleh guru tanpa harus tergantung pada guru, ibarat seorang anak balita yang harus mampu belajar makan sendiri tanpa harus selalu disuapi oleh ibunya. Dari konsep pjj itu sendiri dilakukan dengan penyampaian materi yang disampaikan melalui sebuah media dan anak didik diharapkan mampu menerima, merekam, dan menyimpan informasi tersebut.

Pjj memerlukan Interaksi yang tinggi antara guru dan anak didik sekalipun di wilayah terpencil. Dilihat dari segi anak didik yang saat ini masih kurang merata terutama di pelosok pedesaan, karena jarang sekali seseorang atau guru mau ditugaskan untuk bertugas atau mengabdi di sana. Mereka tidak sanggup harus tinggal di tempat terpencil seperti itu. Oleh karena itu sistem pjj sangatlah bermanfaat untuk semua orang yang mempunyai minat belajar yang tinggi, terkadang keinginan belajar seseorang harus terhambat karena kurangnya media yang bisa digunakan untuk menerapkan dan menyalurkan ilmu yang ada.

Sehingga harapan pjj disini akan memberikan manfaat pada anak didik antara lain : menjangkau target yang telah ditentukan. Cara ini sangat menguntungkan karena memberikan kesempatan yang luas bagi anak didik yang ingin belajar sesuai dengan minat dan keinginan. Memberikan kesempatan yang luas dalam rangka pelayanan terhadap perbedaan individual anak didik, mereka bisa belajar sesuai kemampuan masing-masing, tidak membutuhkan ruangan kelas khusus dan semua jenis perlengkapan, tidak memerlukan guru khusus yang bertugas mengajar secara berkesinambungan belajar. Dalam pjj ini sudah dipersiapkan dalam bentuk modul oleh guru dan memberikan kesempatan yang luas kepada anak didik untuk belajar mandiri dan secara aktif, sehingga mereka lebih dalam pemahamannya melalui kegiatan internal, diskusi dan pemantapan mandiri lebih efisien dan ekonomis karena waktu belajar tidak terstruktur.

Selain itu pjj ini juga memberikan makna positif pada anak didik antara lain yaitu anak didik menjadi nyaman belajar di rumah, anak didik memiliki banyak waktu di rumah bersama keluarga, anak didik dapat mengeksplorasi teknologi dengan baik dan anak didik menjadi peka serta beradaptasi dengan perubahan yang ada. Dalam pjj ini anak dapat membagi waktu dengan baik antara belajar membantu orang tua dan bermain bahkan anak didik yang kurang baik nasib ekonominya dapat belajar sambil bekerja membantu orang tua di rumah. Hal ini tentunya akan menumbuhkembangkan kemandirian dan tanggung jawab anak sebagai anggota keluarga.

Oleh sebab itu pjj yang harus disajikan kepada anak didik harusnya adalah ICT  yang cukup baik dan dapat mendukung proses pembelajaran. Sehingga anak didik mampu mengakses materi pembelajaran dengan mudah. Selain itu tenaga pengajar atau guru harus sudah cukup menguasai teknologi sehingga dapat mempelajari metode pjj ini. Hal ini dilakukan agar pemerataan pendidikan di Indonesia dapat terealisasi karena anak didik yang berada di daerah pun bisa mengikuti pembelajaran walaupun dari jarak jauh. Model pjj yang mudah diakses dalam artian ketersediaan dan kemudahan dalam memperoleh dan menggunakan media untuk memperoleh dan menggunakan media sebisa mungkin didapatkan dengan mudah dan terjangkau, Sebuah media yang mampu memotivasi anak didik dalam belajar dan bernilai positif, media yang mampu memberikan komunikasi dua arah antara anak didik dan guru sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam proses pembelajaran dan mudah didapatkan secara cepat.

Gambar 2 : Anak didik sedang belajar mandiri di rumah didampingi orang tua untuk melaksanakan PJJ online

 Pjj salah satu bukti nyata pelaksanaan belajar dari rumah termasuk belajar, bekerja, dan beribadah. Biasanya anak didik banyak menghabiskan waktu di luar rumah. kini sebaliknya anak-anak didik memiliki waktu lebih banyak untuk berkumpul dengan keluarga apalagi saat ini banyak orang tua yang bekerja di rumah. tentunya anak dan orang tua dapat berkumpul untuk menjalankan peran masing-masing meskipun kini rumah harus disulap menjadi kantor dan sekolah. Inilah fenomena positif yang dapat menjadi peluang untuk mendidik anak lebih baik lagi dengan memberi perhatian lebih kepada anak. Dengan adanya pjj peran orang tua dalam membimbing belajar anak akan lebih optimal karena secara tidak langsung orang tua menjadi pengganti guru di rumah, baik anak didik tingkat TK sampai perguruan tinggi pasti tetap memerlukan bimbingan orang tua tidak hanya menyoal materi tetapi sikap dan perilaku anak juga penting. Pjj pun memberi peluang orang tua untuk mengevaluasi sikap dan perilaku belajar anak didik. Orang tua secara langsung dapat memantau bagaimana sikap anak ketika belajar dan berinteraksi dalam proses pembelajaran jarak jauh.

Pjj secara online akan memberi anak didik kendali penuh atas pembelajaran mereka dan dapat bekerja dengan kecepatan mereka sendiri. Umumnya anak didik bekerja lebih cepat dan memroses informasi dengan kapasitas lebih besar, pjj secara online juga memberikan kesempatan bagi para anak didik untuk menjaga perilaku baik melalui interaksi sosial dengan guru maupun teman-temannya. Sistem pembelajaran ini juga dapat menjaga sikap disiplin dan tanggungjawab anak didik ketika diminta mengerjakan tugas-tugas dari guru. Hal itu diharapkan dapat menghindari anak dari sikap malas dan acuh tak acuh selama pandemi berlangsung.

Sama halnya dengan disiplin, anak didik memiliki jadwal atau rutinitas mereka setiap hari seperti waktu belajar, bermain, tidur, makan, memakai seragam, dan sebagainya. Belajar daring dalam hal ini pjj hadir untuk membantu anak menjaga rutinitas tersebut tetap berjalan dengan semestinya. Anak didik yang tetap mengikuti sekolah secara daring akan lebih bahagia daripada anak berhenti bersekolah sama sekali selama pandemi. Orangtua akan lebih mudah mengenali potensi anak jika anak mengikuti sekolah dan dapat mengarahkannya dengan tepat sasaran serta tepat waktu. Beberapa potensi yang bisa dilihat seperti linguistik, musical, logical, body kinestetik, moral, interpersonal dan visual spasial.

Dengan demikian pjj akan berjalan lancar dan bermanfaat untuk anak didik sehingga apa yang menjadi maksud dan tujuan pjj yang diadakan sekolah dapat tercapai, sekaligus dampak positifnya yang akan diperoleh oleh anak didik kita. Pembelajaran jarak jauh adalah sangat penting untuk menggantikan dan menunjang pelaksanaan kegiatan sekolah selama pandemik covid-19 ini, karena pjj merupakan satu-satunya alternatif model pembelajaran yang paling efektif dan efisien untuk dilaksanakan di masa-masa pandemik covid-19. Seperti yang disebutkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) bahwa hingga kini pemerintah dan masyarakat masih belum memiliki pilihan model pembelajaran lain selain pembelajaran jarak jauh (pjj). Menteri Nadiem menyebut bahwa pembelajaran pjj hanya dilakukan sementara sampai kofit-19 berakhir.

Meskipun terdapat kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pjj, tapi pendidikan harus tetap berjalan sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi karena tidak mungkin apabila pendidikan harus dihentikan. Maka dari itu kita sebagai guru maupun anak didik harus melaksanakan pjj sebaik mungkin agar pelaksanaan pendidikan tetap berjalan dengan baik dan juga semoga pandemik covid-19 segera berakhir, agar pendidikan bisa berjalan seperti sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA

https://ngada.org/bn433-2012.htm

https://edukasi.kompas.com/read/2020/12/05/170459371/kemendikbud-evaluasi-pjj-2-hal-ini-perlu-digarisbawahi?page=all

https://kumparan.com/frida-rohmyni/kelebihan-dan-kekurangan-pjj-di-masa-pandemi-covid-19-1tfqW5fo82o

https://www.kompasiana.com/wahyuaji12345/5eb4e678d541df1082155a02/pendidikan-jarak-jauh-pjj-di-masa-pandemi-covid-19

http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/pembelajaran-daring-memberikan-banyak-manfaat

https://www.suara.com/health/2020/07/02/082832/9-manfaat-belajar-daring-bagi-anak-selama-di-rumah-aja?page=all

BIODATA

Nama : Edi Susanto, S.Pd.

NIP : 196506111991011001

Mapel : Fisika

Unit Kerja : SMA Negeri 1 Wangon

You cannot copy content of this page