Iklan

D:\foto hp\IMG_20180802_195415.jpg

Kepala Sekolah

SDN 5 Karanganyar, Kec.Purwanegara

Kab.Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah

JUDUL ARTIKEL

AYO MENULIS DAN MENGENAL PARAGRAF

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 36.Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia tercantu dalam Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober Tahun 1928. Bahasa Indonesia dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia karena merupakan Bahasa resmi negara Republik Indonesia yang digunakan sebagai alat komunikasi dan pemersatu bangsa antara masyarakat daerah di seluruh Indonesia . Bangsa Indonesia terdiri dari 34 Propinsi yang mempunyai ratusan bahasa daerah dan tidak semua masyarakat dapat memahami bahasa daerah lainnya. Dengan adanya bahasa Indonesia ini sebagai bahasa persatuan, pemersatu komunikasi maka semua dapat teratasi. Meski demikian hanya sebagian kecil dari masyarakat Indonesia yang menggunakannya sebagai bahasa ibu. Karena didalam percakapan sehari-hari masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan bahasa daerahnya masing-masing sebagai bahasa ibu. Kecuali masyarakat yang bertempat tinggal di ibu kota Jakarta untuk kehidupan sehari-hari menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Ibu. Namun demikian bagi sebagian besar warga, bahasa Indonesia adalah bahasa kedua, dan ketika pada acara formalitas maka Bahasa Indonesia adalah Bahasa pertama sebagai alat komunikasi bahasa yang resmi. Bahasa Indonesia adalah dialek bahasa Melayu yang menjadi bahasa resmi Republik Indonesia. Untuk itu ayo kita menulis dan mengenal paragraf dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia yang benar.

Dengan mengenal paragraf maka dalam pemakaian bahasa Idonesia secara tertulis akan menjadi lebih jelas. Di dalam komposisi paragraf juga dibedakan menjadi 2 yaitu paragraf merenggang dan paragraf bertakuk. Perbedaan tersebut didasarkan pada cara penulisan kalimat pertama paragraf yang dilihat dari letak kalimat terakhir paragraf. Paragraf merenggang ditandai oleh jarak baris yang lebih lebar antara kalimat pertama dan kalimat terakhir paragraf sebelumnya. Adapun kalimat pertama pada paragraf bertakuk ditulis agak menjorok ke dalam, dan jaraknya dengan paragraf sebelumnya tetap sama. Sebuah paragraf terdiri dari beberapa kalimat atau lebih dari satu kalimat. Apabila kita menulis paragraf hanya dengan satu kalimat maka dapat dikatakan paragraf tersebut tidak ditata dengan baik sebagaimana mestinya.

Dari bentuknya paragraf dapat dilihat sebagai satuan informasi yang memiliki gagasan utama sebagai pengendali. Gagasan tersebut akan menentukan kalimat mana yang dapat dikelompokkan ke dalam sebuah paragraf dan informasi mana yang tidak dapat dimasukkan ke dalam paragraf tersebut. Gagasan utama dalam sebuah paragraf adalah ringkasan informasi yang dikemukakan di dalam paragraf tersebut. Sedangkan informasi yang tidak dapat dirangkum oleh gagasan utama itu harus dikeluarkan dari paragraf yang bersangkutan.

Paragaraf pada dasarnya adalah miniatur sebuah karangan. Jika sebuah karangan mempunyai tujuan yang dinyatakan dalam kalimat, maka paragraf mempunyai tujuan yang dinyatakan dalam topik. Seperti halnya sebuah karangan yang utuh maka paragraf juga mempunyai struktur yang jelas jika karangan tesebut dikembangkan dengan uraian yang selaras, sesuai dan memadai. Gagasan utama yang yang terkandung dalam setiap paragraf harus dikembangkan secara tuntas. Proses pembuatan paragraf tidak jauh berbeda dengan proses dalam pembuatan sebuah karangan. Sebagai pengendali, gagasan utama harus ada dalam setiap paragraf. Di dalam kalimat topik juga mempunyai gagasan utama tetapi tidak berarti harus ada dalam setiap paragrafnya. Berarti tidak semua gagasan utama dituangkan dalam kalimat topik.

Paragaraf juga dibedakan menjadi paragraf deskriptif dan paragraf naratif. Dalam paragraf tersebut dinyatakan sebagai paragraf yang baik, dan di dalamnya tidak terdapat kalimat topik. Kedua paragraf tersebut tidak mempunyai kalimat topik tapi dapat dipastikan keduanya mempunyai gagasan utama sebagai pengendali. Di dalam meletakan kalimat topik dapat diletakkan secara variasi, dengan alasan tertentu kalimat topik dapat diletakkan di awal. Paragraf, di tengah paragraf atau di akhir kalimat paragaraf. Bagi penulis kalimat topik yang diletakkan di awal paragraf berfungsi sebagai pengontrol atau pengendali untuk mengetahui apakah kalimat-kalimat yang akan ditulisnya masih berkaitan dengan kalimat topik atau tidak. Untuk keperluan tertentu pembaca cukup membaca kalimat pertama untuk memahami garis besar sebuah bacaan.

Seringkali kalimat topik diletakkan diakhir paragraf. Kalau pada awal paragraf kalimat topik diuraikan dan dijelaskan dengan kalimat-kalimat lainya. Sedangkan kalimat topik pada akhir paragraf berfungsi memberikan simpulan atau rangkuman atas informasi yang telah disajikan dalam kalimat-kalimat sebelumnya dalam paragraf tersebut. Kalimat topik diletakkan di tengah paragraf berfungsi sebagai transisi antara kalimat-kalimat yang dinyatakan sebelum dan sesudah kalimat topik. Bagian sesudah kalimat topik biasanya berupa rincian gambaran dan kalimat topik. Paragraf seperti ini pada dasarnya adalah perpaduan dua paragraf yang masing-masing mempunyai kalimat topik yang sama. Yang sering dilakukan dengan meletakkan kaimat topik di awal dan di akhir paragraf sekaligus karena alasan jika informasi yang dikemukakan di dalam paragraf itu sangat banyak atau sangat rumit. Hal tersebut dilakukan agar dapat dipahami secara baik oleh pembaca.

Ciri-ciri paragraf yang baik adalah keberapa satuan, kepaduan, ketuntasan, konsistensi sudut pandang dan keruntutan. Paragraf yang baik haruslah memiliki satu gagasan utama artinya dalam paragraf mungkin terdapat beberapa gagasan tambahan tetapi gagasan itu harus fokus pada satu gagasan utama sebagai pengendali. Paragraf dapat dikatakan baik, tidak saja karena gagasan utamanya tunggal, tetapi dalam paragraf tersebut terjalin secara logis dan gramatikal. Kalimat-kalimatnya terpadu berkaitan satu sama lain untuk mendukung gagasan utama. Kepaduan paragraf dapat dibangun dengan tidak mengulang kata atau ungkapan yang sama setiap kali diperlukan.

Dapat disimpulkan bahwa paragraf mempunyai gagasan utama yang dituangkan dalam bentuk kalimat topik. Bagi penulis gagasan utama ini merupakan pengendali isi paragraf, sedangkan bagi pembaca gagasan utama menjadi kunci pemahaman karena merupakan rangkuman isi paragraf. Paragraf terdiri atas beberapa kalimat yang berdasarkan bentukan paragraf yang merenggang dibedakan dari paragraf yang bertakuk. Gagasan utama dinyatakan di dalam kalimat topik. Salah satu kalimat dalam paragraf merupakan kalimat topik , selebihnya merupakan kalimat pengembang yang berfungsi untuk memperluas keterangan, memperjelas, menganalisis atau menerangkan kalimat topik.

By admin

You cannot copy content of this page