Iklan

MENGAJARKAN OLAHRAGA AGAR TETAP MENYENANGKAN DI MASA PANDEMI

MENGAJARKAN OLAHRAGA AGAR TETAP MENYENANGKAN DI MASA PANDEMI

E:\Sukirman.jpg

Oleh : Sukrisman, S.Pd.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat guru harus dapat mensiasati bagaimana agar pembelajaran dapat dilakukan dengan optimal. Materi dapat terserap dengan optimal, peserta didik tidak jenuh dan tetap asik meskipun dilaksanakan secara daring atau jarak jauh. Tidak terkecuali guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK).Pembelajaran praktik mata pelajaran PJOK wajib dapat terlaksana dengan baik meskipun dilaksanakan secara jarak jauh atau daring. Terasa hampa jika pembelajaran PJOK hanya fokus pada teori dan pengembangan kognitif peserta didik saja. Sedangkan aspek psikomotor dan afektif merupakan hal utama yang tidak boleh ditinggalkan dalam mata pelajaran PJOK.

Memilih kompetensi dasar yang tepat sehingga dapat dilaksanakan secara daring dengan aman nyaman dan menyenagkan. Pemilihan materi olahraga yang tepat saat ini adalah olahraga individu, dengan peralatan sederhana yang ada dirumah dan tentunya dengan penyampaian materi yang dikemas semenarik mungkin sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan menyenagkan meski dilakukan di rumah.

Beberapa pilihan kompetensi dasar yang dapat dilakukan secara daring dan di rumah saja adalah salah satunya kompetensi dasar kebugaran jasmani. Dengan memanfaatkan whatshapp

Group Guru dapat berkomunikasi dengan peserta didik dan Guru dapat memonitor pembelajaran serta guru dapat mengirim contoh video pembelajaran untuk dipelajari oleh peserta didik, guru juga dapat menyampaikan materi tentang model-model latihan untuk meningkatkan komponen-komponen kebugaran jasmani seperti latihan kekuatan, daya tahan, kelentukan, keseimbangan,kecepatan dan koordinasi.Dalam hal ini, seperti di sarankan Suranto ( 2 0 2 0 ) , guru dapat mendemonstrasikan gerakan sederhana dengan alat yang ada dirumah kemudian siswa melakukan gerakan tersebut dengan pengawasan dari orang tua dan guru.kemudian pada pembelajaran jarak jauh mata pelajaran PJOK, guru juga dapat menyampaikan materi tentang aktivitas ritmik. Bergerak bersama-sama dengan koordinasi gerak yang baik, teknik yang baik, dan penuh semangat diiringi dengan irama musik yang ditentukan. Dalam hal ini pemilihan irama musik sebaiknya dengan lagu-lagu daerah sebagai bentuk pendidikan cinta tanah air dan melestarikan kearifan lokal negeri tercinta. Satu lagi tentang kompetensi dasar apa yang cocok dengan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran

PJOK adalah beladiri. Dalam kurikulum 2013 mata pelajaran PJOK terdapat klausa yang menjelaskan bahwa materi bela diri di sesuaikan dengan kompetensi guru yang mengajar. Bisa pencak silat, karate, taekwondo, atau beladiri lainnya. Akan lebih mengasyikkan lagi jika guru dapat memodifikasi materi pembelajaran.

Mengkombinasikan antara kompetensi dasar aktivitas ritmik dan kompetensi dasar beladiri. Peserta didik melakukan gerakan-gerakan beladiri dengan diiringi irama musik dengan koordinasi gerak yang baik Zikrurrahmat (2020), Kendala yang terjadi pada guru saat mengelola pembelajan jarak jauh adalah penuntasan kurikulum, waktu belajar yang berkurang, komunikasi dengan orang tua siswa. Masih banyak kendala yang di terjadi pada orang tua tidak semua orang tua bisa mengontrol dan mendapingianaknya belajar, ada orang tua tidak memahami yang diberikan guru untuk anaknya, dan kendala dari pihak siswa yaitu stres dalam mengerjakan tugas sekolah yang tidak dia mengerti, kesulitan berkonsentrasi saat belajar, dan masih banyak kendala yang dihadapi oleh siswa. Meski begitu kegiatan pembelajaran keterampilan PJOK harus tetap dapat berjalan, sehingga tidak ada alasan untuk tidak terlaksana kegiatan belajar mengajar mata pelajaran PJOK disaat pandemi seperti sekarang ini.

 

Nama : Sukrisman, S.Pd

Jabatan : Guru Olahraga

Unit Kerja : SD Negeri 3 Cipaku, Koorwilcam Dindikbud Mrebet

You cannot copy content of this page