Iklan

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Menghantar Siswa Lebih Mengenal Dunia Digital

Pandemi Covid-19 betul-betul mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Baik itu aspek pribadi, keluarga, masyarakan, dan juga dalam kehidupan bernbangsa dan bernegara. Berbagai upaya terus dilakukan agar segera dapat mengakhiri masa pandemi, supaya tidak terlalu lama mempengaruhi berbagai sektor kehidupan termasuk dunia pendidikan.

IMG-20201225-WA0004 IMG-20201225-WA0006

Berbicara tentang dunia pendidikan adalah berbicara tentang ilmu pengetahuan. Dimana ilmu pengetahuan mengambil peran yang sangat besar dan dominan dalam menciptakan berbagai penemuan-penemuan penting untuk kemaslahatan umat manusia.

Di tengah pandemi yang terus melaju, dunia pendidikan harus tetap mendapatkan perhatian agar tidak mengalami dampak buruk. Dengan melakukan berbagai terobosan, kita berharap dunia pendidikan akan terus berjalan dan dapat menemukan pola yang tepat agar tetap eksis dan berkesinambungan.

Pandemi covid 19, ternyata menjadikan gaya dan orientasi hidup seseorang berubah 180 derajat. Kita bisa menyaksikan dengan kasat mata bahwa seluruh aspek pergaulan, bisnis, dan lainnya selalu disaranan untuk mengedepankan protokol kesehatan.

Demikian juga protokol kesehatan selalu digaungkan di setiap aspek kegiatan yang melibatkan kerumunan sejumlah orang. Di dunia pendidikan, kegiatann tatap muka juga sudah dihentikan selama hampir satu tahun. Walaupun ada beberapa sekolah di daerah tertentu yang mencoba melakukan pembelajaran tatap muka, namun kegiatan tersebut batal dilakukan seiring penyebaran covid 19 yang meluas dan menjangkit baik kepada tenaga pendidik maupun sejumlah siswa yang dinyatakan terpapar covid 19 setelah diadakan rapid test. Masa pandemi covid 19 akhir-akhir ini, sangatlah tidak memungkinkan bagi dunia pendidikan untuk menerapkan kelas tatap muka. Terlebih adanya Surat Edaran no. 4 tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing.

Apa itu Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) ?

Pendidikan yang berjalan sampai saat ini adalah dengan menggunaan sistem Pembelajaran Jarak Jauh atau sering disebut sistem PJJ. Sistem Pendidikan Jarak Jauh secara umum didasarkan pada keterpisahan antara siswa dan pengajar dalam ruang dan waktu, pemanfaatan bahan ajar yang dirancang dan diproduksi secara sistematis, adanya komunikasi tidak terus-menerus antara siswa dengan siswa, tutor, dan organisasi pendidikan melalui beragam teknologi informasi dan komunikasi, dan media lain serta adanya pemantauan yang intensif dari organisasi pendidikan.

Berbagai ahli telah mencoba mendefinisikan pendidikan jarak jauh menurut sudut pandangnya masing-masing. Beberapa definisi yang diberikan oleh para ahli yang menjelaskan sistem pendidikan jarak jauh adalah:

  1. Suatu bentuk pembelajaran mandiri yang terorganisasi secara sistematis di mana konseling, penyajian materi pembelajaran, dan penyeliaan dan pemantauan keberhasilan belajar siswa dilakukan oleh sekelompok tenaga pengajar yang memiliki tanggung jawab yang saling berbeda. Pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh dengan menggunakan bantuan media. Kebalikan dari sistem pendidikan jarak jauh adalah pendidikan langsung atau tatap muka, suatu sistem pembelajaran yang terjadi karena adanya kontak langsung antara tenaga pengajar dan siswa (Dohmen, 1967).
  2. Suatu metode pembelajaran yang menggunakan korespondensi sebagai alat komunikasi antara tenaga pengajar dan siswa ditambah adanya interaksi antar siswa di dalam proses pembelajaran (Mac Kenzie, Christensen, & Rigby, 1968).
  3. Sistem pendidikan yang tidak mempersyaratkan adanya tenaga pengajar di tempat seseorang belajar namun memungkinkan adanya pertemuan-pertemuan antara tenaga pengajar dan siswa pada waktu-waktu tertentu (Law, 1971).
  4. Suatu metode untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dikelola berdasarkan pada penerapan konsep ‘ban berjalan’ (division of labor), prinsip-prinsip organisasi, dan pemanfaatan media secara ekstensif terutama dalam reproduksi bahan ajar sehingga memungkinkan terjadinya proses pembelajaran pada siswa dalam jumlah yang banyak pada saat yang bersamaan di manapun mereka mereka berada. Merupakan suatu bentuk industri dari belajar dan pengajaran (Peters, 1973).
  5. Suatu metode pembelajaran dimana proses penngajaran terjadi secara terpisah dari proses belajar sehingga komunikasi antara tenaga pengajar dan siswa harus difasilitasi dengan bahan cetak, media elektronik, dan media-media yang lain (Moore, 1973).
  6. Suatu bentuk pendidikan yang meliputi beragam bentuk pembelajaran pada berbagai tingkat pendidikan yang terjadai tanpa adanya penyeliaan tutor secara langsung dan/atau terus-menerus terhadap siswa dalam satu lokasi yang sama, namun memerlukan suatu perencanaan, pengorganisasian, dan pemantauan dari suatu organisasi pendidikan serta penyediaan proses pembimbingan dan tutorial baik dalam bentuk langsung (real conversation) maupun simulasi (simulated conversation) (Holmberg, 1977).

Jika diperhatikan secara seksama, maka dari beragam definisi sistem pendidikan jarak jauh terlihat adanya persamaan maupun perbedaan. Masing-masing definisi mencerminkan hal-hal atau konsep-konsep yang menjadi landasan pemikiran masing-masing ahli. Definisi yang diberikan Peters memiliki konsep utama proses industrialisasi pendidikan, sedangkan definisi dari Moore (1973) mengemukakan transaction distance dan otonomi siswa sebagai konsep utama.  Sementara itu definisi dari Holmberg (1977) memiliki konsep utama otonomi siswa, komunikasi yang tidak terus-menerus (non-contigous) dan guided didactic conversation, selain itu Keegan (1980) lebih menekankan adanya integrasi kegiatan belajar dan mengajar sebagai konsep utama dalam batasan yang diberikan.

Namun kesamaan daripada para ahli yang mendefinisikan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang bisa dismpulkan adalah kesamaan pada aspek interaksi antara pendidik dan siwa melaui suatu media belajar.

Apa itu digital?

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bisa terlaksana tentunya tidak lepas dari pemnfaatan teknologi digital. Teknologi digital tersebut bisa berupa media/ piranti, diantaranya; computer, laptop, gawai/ gadget, dan media lainnya yang berhubungan dengan gambar dan grafis yang mendeskrepsikan bentuk-bentuk numeris melalui piranti pendukung.

Mari kita simak beberapa pendapat tentang pengertian digital pada pemaparan berikut ini:

Menurut Tom E Rolnicki, digital adalah  gambar, dan grafis yang mendeskrepsikan dalam bentuk numeris melalui piranti komputer.

Pengertian digital ini ialah suatu penggambaran dari suatu keadaan atau juga situasi bilangan yang terdiri dari angka, yakni angka 0 serta 1, atau off serta juga on (bilangan Biner atau pun juga dikenal juga dengan istilah atau sebutan Binary Digit).

Pendapat lain kemudian juga menyatakan bahwa definisi digital ini ialah suatu sinyal atau data yang kemudian dinyatakan di dalam serangkaian angka yakni angka 0 serta 1, serta pada umumnya itu diwakili oleh adanya nilai kuantitas fisik, seperti halnya  tegangan atau pun juga polarisasi magnetik.

Digital tersebut menggambarkan suatu teknologi elektronik yang menyimpan, menghasilkan, serta juga memproses data itu di dalam 2 kondisi: positif dan non-positif. Positif tersebut dinyatakan atau juga diwakili oleh angka 1 serta untuk non-positif itu oleh angka 0. Dengan demikian, data yang dikirimkan atau pun data yang disimpan dengan teknologi digital tersebut dinyatakan sebagai string 0 dan 1. Tiap-tiap digit status ini disebut yakni sebagai bit (serta serangkaian bit yang dapat atau bisa ditangani komputer dengan secara individual yakni sebagai grup ialah byte).

Sebelum ditemukannya teknologi digital, transmisi elektronik terbatas diteknologi analog, yang menyampaikan data di dalam bentuk sinyal elektronik dari segala macam frekuensi atau juga amplitudo yang ditambahkan ke gelombang pembawa frekuensi tertentu. Siaran serta transmisi telepon dengan secara konvensional itu menggunakan teknologi analog.

Teknologi digital ini utamanya digunakan di media komunikasi terbaru, seperti misalnya satelit serta juga transmisi serat optik (fiber optik). Sebagai contoh, modem, digunakan untuk dapat mengubah informasi digital di komputer menjadi sinyal analog untuk saluran telepon serta juga untuk mengubah sinyal telepon analog itu menjadi informasi digital di sebuah komputer.

Teknologi digital ini merupakan suatu alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia dengan secara manual, tetapi lebih pada sistem pengoperasian yang otomatis dengan menggunakan sistem komputerisasi ataupun juga format yang dapat atau bisa dibaca oleh komputer. Teknologi digital tersebut pada dasarnya itu hanyalah sebuah sistem dari penghitung yang sangat cepat dan kemudian memproses seluruh bentuk informasi tersebut yakni sebagai nilai numerik (atau kode digital).

Perkembangan Teknologi Digital

Perkembangan teknologi digital kemudian membuka era digital serta secara garis besar dapat atau bisa dilihat pada 3 hal berikut.

  1. Lahirnya komputer pada tahun 1940 serta juga perkembangannya sejak saat itu
  2. Lahirnya internet atau juga World Wide Web (WWW) ditahun 1989
  3. Lahirnya situs jejaring sosial (social media) ditahun 1997 serta kemudian maraknya penggunaannya itu sejak tahun 2000-an.

Percepatan transformasi teknologi pendidikan karena pandemi Corona membuat berbagai platform meluncurkan berbagai aplikasi belajar online guna mendukung PJJ.

Aplikasi-aplikasi belajar online dikembangkan dengan penyediaan fitur-fitur yang memudahkan dalam menjalankan belajar online.

Oleh karena kebutuhan piranti digital yang mendesak, maka mau tidak mau keadaan tersebut mendorong para siswa lebih intensif menggunakan komputer, laptop, dan ataupun gadget/ gawai untuk menunjang kelancaran aktivitas belajar yang dijalaninya dalam kerangka Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Untuk dapat menjalankan aktivitas PJJ pada awalnya, sesungguhnya adalah hal yang sulit bagi sejumlah siswa. Namun kebutuhan yang mendesak itulah yang menjadikan siswa termotivasi untuk menggunakan piranti digital untuk memanfaatkan sejumlah media sosial yang termuat pada piranti digital yang dimilikinya.

Ternyata dari kondisi tersebut, banyak kita jumpai para siswa secara aktif menggunakan media sosial untuk mengirim dan menerima ataupun memahami berbagai bentuk materi dan tugas dari para pendidik. Tentunya setiap individu/ siswa didorong untuk mampu mengoperasikan sejumlah fitur/ aplikasi yang menunjang pembelajarannya.

Dengan melalui sejumlah quis/ pertanyaan yang penulis kirim melalui WA, ternyata sebagian besar/ hampir semua siswa menjawab ‘mendapatkan peningkatan dalam menggunakan berbagai fitur/ aplikasi yang ada pada pirati digital’ yang dimilikinya. Diantara aplikasi yang mereka pahami antara lain; Google classroom, Google meets, Zoom meeting, Microsoft teams, dan sejumlah aplikasi lain yang mendukung pembelajarannya.

Sebelum para siswa melakukan PJJ, sebaian besar dari mereka hanya mengenal WA, Facebook, instagram, dan conten gambar. Tak bisa dipungkiri, dengan adanya PJJ, maka seluruh siswa ‘dipaksa’ untuk dapat memiliki dan menggunakan berbagai aplikasi dan fitur yang ada pada komputer, laptop, dan gadget. Dari berbagai kegiatan yang memanfaatkan teknologi komunikasi dengan berbagai aplikasi dan fitur-fitur baru itulah siswa merasa mendapatkan penambahan wawasan dan keterampilan di dunia digital.

Selain dorongan pembelajaran jarak jauh ataupun via onlin, para siswa juga bisa mengaskses berbagai situs online dengan materi yang berlimpah dan dapat diakses dengan bebas. Hal ini dapat memunculkan dorongan terhadap para siswa untuk mengeksplorasi materi yang pada umumnya diajarkan terbatas di sekolah.

Dengan PJJ, orang tua juga bisa langsung memantau aktifitas anak-anaknya dalam mengikuti belajar online. Contohnya para siswa bisa mengikuti berbagai kegiatan webinar via zoom meeting, microsoft teams, dsb.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh penulis, Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) memiliki impliksi sebagai beikut.

  1. Berdasarkan hasil quisioner yang disampaikan kepada sejumlah peserta didik kelas 10, 11, dan 12 melaui WA, dapat diperoleh suatu kesimpulan bahwa PJJ sangat berpengaruh pada peningkatann pemahaman/ pengetahuan peserta didik terhadap berbagai aplikasi yang ada pada komputer, laptop, ataupun gadget yang mereka miliki.
  2. Sejumlah siswa berpendapat bahwa melalui PJJ, selain menambah pengetahuan tentang teknologi digital, pengetahuan dan wawasan keilmuan mereka bertambah.
  3. Melalui PJJ, siswa merasa lebih leluasa mengembangkan berbagai teknik pada aplikasi piranti teknologi untuk memeriksa, mengerjakan, dan mengedit materi atau soal yang disampaikan guru.
  4. Dengan memanfaatkan PJJ online, siswa menemukan cara yang efektif dan efisien dalam menyampaikan hasil/ tugas belajar yang telah dikerjakan.
  5. PJJ menuntut siswa terampil dan kreatif dalam menggunakan media sosial, sehingga siswa merasa termotivasi maju untuk selalu memperbaharui pengetahuan tentang penguasaan keterampilan IT.
  6. Dari PJJ, para siswa bisa mendapatkan berbagai kemudahan dalam mengakses materi belajar yang lebih lengkap dan jelas.
  7. PJJ telah merubah mindset siswa dari belajar tatap muka menjadi belajar online, sehingga siswa terekspos dengan teknologi informasi.
  8. PJJ secara langsung menuntut siswa untuk membiasakan diri masuk ke lingkungan belajar dan bekerja melalui dunia maya, sehingga keterampilan dan kecerdasan merekan akan selalu diasah untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi yang selalu meningkat.
  9. Bagi orang tua, mereka bisa memantau anak-anaknya selama menggunakan teknologi informasi untuk keperluan belajarnya.

Demikian artikel ini saya tulis, mudah-mudahan dari pemaparan yang serba terbatas ini, ada manfaatnya.

Daftar pustaka

  1. https://www.padamu.net/pengertian-pendidikan-jarak-jauh-menurut-ahli
  2. https://pendidikan.co.id/pengertian-digital/

Biodata Penulis

Nama : Yoeni Budhi Santosa, S.Pd.

NIP : 197206021998021002

Pangkat/Gol : Pembina/ IV.a

Email : santosayoenibudhi@gmail.com

Unit kerja : SMA Negeri 1 Wangon

No HP : 082243509672

Judul : PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MENGHANTAR SISWA LEBIH MENGENAL DUNIA DIGITAL

IMG_20201225_141013

By admin

You cannot copy content of this page